Follow Us

iPhone 8 Bikin Pasokan DRAM & Storage NAND Flash di Dunia Berkurang

Andri Alfansyah - Kamis, 22 Juni 2017 | 07:54
iPhone 8 Bikin Pasokan DRAM & Storage NAND Flash di Dunia Berkurang

Komponen-komponen chip penting buat smartphone seperti DRAM dan memori NAND flash dikabarkan mengalami kekurangan pasokan di seluruh dunia. Pasalnya, semua komponen tersebut mayoritas sudah dipesan Apple buat iPhone 8.

Kekurangan pasokan komponen-komponen tersebut seperti dilaporkan Reuters bahkan membuat para vendor smartphone kelabakan dan melakukan segala upaya untuk untuk memastikan pasokan mencukupi untuk smartphone-smartphone yang diproduksinya.

Dalam laporan tersebut, sebagian vendor smartphone disebutkan melakukan pemesanan komponen jauh-jauh hari sebelum mereka benar-benar membutuhkannya. Sedangkan sebagian vendor smartphone yang lain berani membayar lebih mahal.

Bahkan ada vendor smartphone tidak punya pilihan lain selain mengurangi spesifikasi di smartphone-smartphone besutannya jika tidak berhasil mendapatkan komponen chip yang dibutuhkan. Sementara yang lainnya lagi memundurkan pemesanan komponen seperti yang dilakukan LG.

Vendor smartphone kecil merasakan dampak paling besar. Kekurangan pasokan komponen dilaporkan memaksa mereka mengurangi jumlah chip RAM dan storage NAND flash apabilaa tidak kebagian pasokan.


Baca juga:


Sebelumnya, pemesanan komponen buat iPhone 8 juga menyebabkan perusahaan konsol game asal Jepang Nintendo kesulitan untuk memasok komponen NAND flash buat Nintendo Switch. Sehingga target penjualannya menjadi terbatas.

iPhone 8 yang rencananya siap memulai debutnya di bulan September juga diklaim membuat pasokan komponen sensor kamera CMOS dunia menjadi terbatas. Hal ini lantaran, Sony memprioritaskan pesanan kepada Apple dan tiga vendor smartphone asal Tiongkok.

Kekurangan pasokan komponen DRAM dan NAND flash bahkan masih bakal terjadi untuk beberapa lama gara-gara iPhone 8. Hal ini mengingat, Apple diprediksikan bakal menjual hingga 100 juta unit iPhone 8 tahun ini.

[source site_name = “Reuters” site_url = “http://www.reuters.com/article/us-tech-chips-analysis-idUSKBN19B39S”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest