Follow Us

Jelang iPhone 8, Qualcomm Pamer Sensor Pemindai Sidik Jari di Bawah Layar Smartphone

Andri Alfansyah - Kamis, 29 Juni 2017 | 07:10
Jelang iPhone 8, Qualcomm Pamer Sensor Pemindai Sidik Jari di Bawah Layar Smartphone

iPhone 8 sudah lama direncanakan bakal mengusung sensor pemindai sidik jari Touch ID di bawah layar. Apple belum juga resmi meluncurkan iPhone baru tersebut, Qualcomm berhasil mencuri start dengan lebih dulu mendemokan seperti apa sensor tersebut bekerja bawah layar smartphone.

Sebagaimana dilansir CNET, demo sensor pemindai sidik jari yang dilakukan produsen chip modem LTE buat perangkat mobile di Mobile World Congress Shanghai tersebut bekerja di layar di kedalaman 800 mikrometer. Ukuran ini dua kali lipat lebih tebal dibanding sensor ultrasonic sebelumnya yang dimiliki smartphone Xiaomi Mi5s.

Selain itu, sensor dari Qualcomm menariknya disebutkan dapat bekerja melalui metal. Lantaran menggunakan teknologi ultrasonic baru, sensor ini juga kemungkinan bisa digunakan untuk mendeteksi detak jantung atau bahkan aliran darah sebagai tambahan fitur keamanan.

Qualcomm mengatakan bahwa solusinya ini dapat bekerja di tidak hanya di smartphone Android yang beredar di pasaran saat ini, tapi juga smartphone generasi berikutnya. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu mengupgrade smartphone untuk mendukung fitur ini.

Adapun unit smartphone prototipe yang dilengkapi sensor pemindai sidik jari di bawah layar adalah smartphone besutan Vivo. Namun diklaim, performa sensor di smartphone tersebut sangat lambat. Membuka kunci layar membutuhkan sekian milidetik lebih lama daripada smartphone dengan sensor pemindai sidik jari biasa.


Baca juga:


Lebih mengecewakan lagi, ukuran sensor pemindai sidik jari di smartphone begitu kecil dan tidak mendukung seluruh area layar. Bukan tanpa alasan, Vivo menghadirkan sensor dalam ukuran kecil lantaran biayanya yang lebih mahal.

Kehadiran iPhone 8 yang siap dibekali Touch ID terintegrasi langsung dengan layar ternyata membuka peluang bagi para pesaingnya untuk menghadirkan solusi yang sama. Sensor pemindai sidik jari di bawah layar diprediksikan bakal hadir di smartphone Android mulai awal tahun depan.

Meski begitu, iPhone 8 dipastikan bakal menjadi yang pertama mengusung sensor Touch ID di bawah layar. Mengingat, Apple rencananya siap mengumumkan iPhone baru tersebut pada bulan September. Diharapkan, solusi dari Apple bisa lebih baik daripada yang ditawarkan pesaingnya nanti.

[source site_name = “CNET” site_url = “https://www.cnet.com/news/qualcomm-fingerprint-scanners-below-the-surface-displays/#ftag=CAD590a51e”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest