Follow Us

(iOS 11) Cara Restart dan Shut Down Tanpa Menekan Tombol

Bagus Hernawan - Rabu, 05 Juli 2017 | 13:25
(iOS 11) Cara Restart dan Shut Down Tanpa Menekan Tombol

Apple ternyata memberikan cara baru untuk melakukan Restart dan Shut Down perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch di iOS 11. Fitur ini hadir sebagai pengganti cara Restart dan Shut Down yang selama ini kamu kenal – harus menggunakan akses tombol fisik yaitu Power Button dan Home Button (untuk iPhone 7, menggunakan Volume Button). Bagaimana caranya? Simak catatan berikut ini:

Cara Restart di iOS 11 Lewat Assistive Touch

Cara Restart ini menggunakan fitur AssitiveTouch yang dapat kamu aktifkan dari menu Accessibility. Fitur AssitiveTouch berbentuk tombol Home Button virtual dengan warna putih di bagian tepian layar yang dapat kamu geser dan sesuaikan dengan penggunaan. Contoh penggunaan AssitiveTouch adalah menggantikan beragam fungsi menekan Home Button atau akses layar yang bisa saja menyulitkan beberapa jenis pengguna. Berikut ini panduan lengkapya:

  1. Masuk ke aplikasi Settings di iOS 11.
  2. Akses bagian General – Accessibility – AssitiveTouch – ON.
  3. Tekan tombol AssistiveTouch untuk menampilkan menu yang dapat kamu akses.
  4. Tekan menu Device – More – Restart.
  5. Setelah itu akan tampil jendela peringatan untuk melakukan Restart. Tekan tombol Restart di bagian kanan.

Baca Juga:


Cara Shut Down di iOS 11 Tanpa Menekan Tombol

  1. Masuk ke Settings – General.
  2. Scroll hingga bagian paling bawah dan tekan tombol Shut Down.
  3. Layar perangkat iOS akan menampilkan mode Slide to Power Off. Silakan geser dari kiri ke kanan pada tampilan tombol tersebut untuk konfirmasi Shut Down.
Bagi kamu yang masih bingung, Restart adalah proses untuk mematikan perangkat dan kembali menyalakan secara otomatis. Sedangkan Shut Down adalah mematikan perangkat dan harus kembali kamu nyalakan secara manual jika dibutuhkan. Yaitu lewat cara menekan dan tahan Power Button. Cara alternatif jika tidak bisa mengakses Power Button untuk menyalakan perangkat adalah hubungkan ke kabel data yang tersambung ke komputer atau USB Power Adapter.

Bagaimana pendapat kamu mengenai fitur baru untuk Restart dan Shut Down di iOS 11? Apakah tertarik mencobanya jika iOS 11 sudah tersedia untuk pengguna umum? Bagikan di kolom komentar ya!


3 Cara Restart iPhone Tanpa Akses Power Button


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest