Follow Us

Karena Apple Park, Harga Properti di Cupertino Naik 2X Lipat

Andri Alfansyah - Jumat, 07 Juli 2017 | 11:00
Karena Apple Park, Harga Properti di Cupertino Naik 2X Lipat

Belum juga resmi dibuka secara resmi, markas baru Apple yang dinamakan dengan Apple Park dikabarkan sudah memicu ledakan jumlah pengembang properti tidak hanya di Cupertino, tapi juga di wilayah lain yang ada di sekitar Sillicon Valley.

Informasi terbaru dari New York Times menyebutkan, Apple Park yang sudah mulai dihuni pegawai Apple sejak bulan April lalu membantu meningkatkan jumlah pengembangan properti di Cupertino dan Sunnyvale.

Tidak hanya itu, kampus baru Apple yang punya desain melingkar bak pesawat luar angkasa itu juga menyebabkan harga properti di kota Sunnyvale naik hingga dua kali lipat sejak tahun 2011 lalu. Kenaikan harganya disebutkan naik antara 15–20 persen per tahunnya.

Meski harga properti terus mengalami peningkatan sejak hadirnya Apple Park, calon pembeli properti dilaporkan memberikan penawaran harga di atas harga yang diminta. Biasanya, mereka tak sungkan menawar antara 20–25 persen lebih tinggi.

Tidak sedikit rumah satu lantai bergaya peternakan di Cupertino dijual dengan harga mulai $1,6 juta hingga $1,8 juta. Tidak hanya itu, banyak rumah didirikan dengan fasilitas lengkap dan memadai untuk mengantisipasi datangnya pegawai Apple bergaji tinggi.


Baca juga:


Di lain sisi, banyaknya pembangunan properti di Cupertino dan Sunnyvale dikeluhkan warga yang berada di Birdland. Mereka dilaporkan merasa terganggu dengan polusi suara dari pengeboran konstruksi di pagi hari di sepajang jalan utama; barikade hijau yang tidak terihat, dan banyaknya lubang di jalan yang menyebabkan ban mobil menjadi kempis.

Apple pun mengakui bahwa orang tidak bisa membuat semua orang senang. Meski begitu, mereka menjanjikan bakal menjawab kekhawatiran para warga yang terkena dampak dari pembangunan Apple Park.

Apple sendiri belum diketahui kapan bakal merampungkan pembangunan Apple Park yang saat ini sudah mendekati proses akhir. Menurut rencana, Apple bakal memindahkan 12.000 pegawainya ke markas barunya tersebut begitu selesai dibangun.

[source site_name = “New York Times” site_url = “https://www.nytimes.com/2017/07/04/realestate/commercial/apples-park-silicon-valley-cupertino-sunnyvale.html?hp&action=click&pgtype=Homepage&clickSource=story-heading&module=second-column-region&region=top-news&WT.nav=top-news&_r=1”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest