Follow Us

Kamera Belakang iPhone 8 Bakal Dilengkapi Sensor Laser 3D buat Dukung AR

Andri Alfansyah - Kamis, 13 Juli 2017 | 18:45
Kamera Belakang iPhone 8 Bakal Dilengkapi Sensor Laser 3D buat Dukung AR

iPhone 8 dipastikan bakal dilengkapi teknologi Augmented Reality (AR). Bukan saja terindikasi dari hadirnya platform ARKit yang diumumkan Apple pada event WWDC beberapa waktu lalu, tapi juga hadirnya teknologi baru untuk mendukungnya.

Laporan terkini dari Fast Company menyebutkan Apple sedang mengerjakan sistem sensor laser 3D untuk disematkan di kamera belakang milik iPhone generasi berikutnya yang namanya masih belum ditentukan tersebut, apakah iPhone, iPhone Pro, atau iPhone X.

Sistem sensor laser 3D itu disebutkan memungkinkan aplikasi-aplikasi yang mendukung realitas tertambah tersebut dapat mendeteksi kedalaman secara lebih baik. Selain itu, autofokus fotografi menjadi lebih akurat.

The new sensor system will enable better depth detection for augmented reality apps, and a more accurate type of autofocus for photography, the source tells me.

Apple dalam laporan itu disebutkan menggunakan sistem sensor laser 3D dengan nama VSCEL buat iPhone edisi ulang tahun kesepuluh. Meskipun begitu, kehadiran sistem sensor 3D tersebut tergantung pengembangannya apakah siap untuk disematkan di iPhone 8 atau iPhone tahun depan.


Baca juga:


Dalam mekanismenya, sistem sensor laser 3D bekerja memantulkan cahaya ke objek dan sensor bakal mengidentifikasi kedalaman tiap objek. Sedangkan lensa kamera bakal mengambil fokus pada aspek yang diinginkan dalam hitungan milidetik.

Masih dalam laporan yang sama, iPhone 8 yang siap memulai debutnya sekitar dua bulan lagi disebutkan bakal dilengkapi dengan tombol-tombol samping tahan air yang mendukung haptic feedback atau efek getar.

Teknologi AR yang pengembangannya sudah cukup tentunya merupakan inovasi baru yang siap dihadirkan Apple di iPhone 8. Selain canggih, fitur ini bakal menjadi nilai jual yang sangat menarik mengingat para pesaingnya belum menghadirkan teknologi yang sama. Apple rencananya bakal mengumumkan iPhone barunya itu pada bulan September.

[source site_name = “Fast Company” site_url = “https://www.fastcompany.com/40440342/apple-is-working-hard-on-an-iphone-8-rear-facing-3d-laser-for-ar-and-autofocus-source”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest