Follow Us

Penjualan Mac Stagnan di Tengah Anjloknya Penjualan PC Dunia

Andri Alfansyah - Kamis, 13 Juli 2017 | 19:16
Penjualan Mac Stagnan di Tengah Anjloknya Penjualan PC Dunia

Firma riset Gartner baru saja merilis hasil laporan terbarunya mengenai penjualan PC global, termasuk komputer Mac, di kuartal kedua tahun 2017. Di periode ini, penjualannya mengalami penurunan paling rendah dalam 11 tahun terakhir.

Dalam data itu, penjualan PC global tercatat mencapai 61,1 juta unit selama kuartal kedua 2017. Penjualannya di periode tersebut turun sebanyak 4,3 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Penurunan penjualan disebabkan mahalnya harga PC lantaran kurangnya sejumlah pasokan komponen seperti DRAM, storage SSD, dan layar LCD, sebagaimana diungkapkan analis dari Gartner, Mikako Kitagawa.

“Higher PC prices due to the impact of component shortages for DRAM, solid state drives (SSDs) and LCD panels had a pronounced negative impact on PC demand in the second quarter of 2017,” said Mikako Kitagawa, principal analyst at Gartner.

“The approach to higher component costs varied by vendor. Some decided to absorb the component price hike without raising the final price of their devices, while other vendors transferred the costs to the end-user price.”

Di industri komputer, Apple berada di peringkat keempat setelah HP, Lenovo, dan Dell. HP dan Dell mencatat kenaikan pangsa pasar masing-masing sebesar 20,8 persen dan 15,6 persen. Lenovo yang berada di posisi ketiga mengalami penurunan pangsa pasar 0,9 persen menjadi 19,9 persen.


Baca juga:


Sementara penjualan PC global terus anjlok dari tahun ke tahun, penjualan komputer Mac dalam data yang sama tetap stagnan. Di kuartal kedua tahun ini, Apple berhasil menjual sebanyak 4,24 juta unit komputer Mac. Bandingkan dengan kuartal yang sama setahun yang lalu yang terjual sebanyak 4,26 juta unit.

Meski dalam penjualan sedikit anjlok, pangsa pasar komputer Mac ternyata mengalami kenaikan. Apple yang berada di posisi keempat menguasai pangsa pasar di industri komputer sebesar 6,9 persen, naik dari sebelumnya 6,7 persen di periode yang sama di tahun sebelumnya.

[source site_name = “Gartner” site_url = “http://www.gartner.com/newsroom/id/3759964”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest