Follow Us

Wanita Ini Tertangkap Tangan Selundupkan 102 Unit iPhone di Tiongkok

Andri Alfansyah - Rabu, 19 Juli 2017 | 13:11
Wanita Ini Tertangkap Tangan Selundupkan 102 Unit iPhone di Tiongkok

Penyelundupan iPhone di daratan Tiongkok kembali terjadi. Petugas bea cukai lokal dikabarkan berhasil menangkap seorang wanita yang kedapatan membawa lebih dari seratus unit iPhone.

Sebagaimana berita yang dilansir dari 9to5Mac, si tersangka wanita tertangkap tangan oleh pihak berwajib wilayah Shenzhen karena membawa 102 unit iPhone beragam model. iPhone tersebut rencananya bakal diselundupkan dari Hong Kong ke daratan Tiongkok.

Saat tertangkap tangan, si tersangka menyembunyikan 102 unit iPhone di balik pakaiannya. Namun malang, niatan mengelabui pihak berwajib akhirnya gagal lantaran benjolan di balik bajunya sangat mencurigakan sehingga akhirnya si wanita diamankan.

Selain seratusan unit iPhone, petugas bea cukai juga mengamankan barang-barang lainnya yang bakal diselundupkan yaitu 15 perangkat jam tangan mewah. Secara total, barang selundupan yang dibawa si tersangka memiliki berat sekitar 20kg.

Nilai 102 unit iPhone selundupan tersebut ditaksir mencapai puluhan ribu dolar Amerika Serikat. Nilainya bisa mencapai AS $100.000 jika yang dibawa adalah model iPhone 7 Plus.


Baca juga:


Jumlah iPhone yang diselundupkan si tersangka wanita yang tidak diketahui namanya tersebut terbilang cukup banyak. Namun dia tidak tercatat sebagai orang yang menyelundupkan iPhone paling banyak.

Rekor penyelundupan iPhone terbanyak dipecahkan seorang pria yang membawa 146 unit iPhone di balik pakaiannya di kawasan yang sama di Tiongkok pada bulan Maret 2015. Dia meletakan 126 unit iPhone di pinggang dan 20 unit di kakinya.

Ada juga pria Tiongkok yang menyelundupkan hampir seratus unit iPhone dengan metode yang sama pada awal tahun 2015 lalu. Saat itu, dia tertangkap karena membawa sebanyak 94 iPhone selundupan yang ditaksir bernilai hingga $50.000 di balik pakaiannya di bandara Futian Port.

Tidak hanya di Tiongkok, penyelundupan iPhone juga pernah terjadi di Indonesia. Pada pertengahan tahun lalu, kepolisian Jakarta Barat berhasil menyita 10.000 unit smartphone yang diduga ilegal, termasuk iPhone dalam dua buah mobil boks di pintu keluar Tol Slipi Jaya, Jalan S. Parman, Jakarta Barat.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/07/18/iphone-smuggler-china-hong-kong/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest