Follow Us

Apple Pertahankan Gelar Perusahaan Paling Menguntungkan di Dunia 2017

Andri Alfansyah - Jumat, 21 Juli 2017 | 11:19
Apple Pertahankan Gelar Perusahaan Paling Menguntungkan di Dunia 2017

Majalah terkemuka Fortune baru saja merilis Fortune Global 500 yaitu daftar 500 perusahaan yang mengantongi jumlah pendapatan dan keuntungan paling besar di dunia di 2017. Dan Apple masuk 10 besar dalam daftar tersebut.

Di kategori pendapatan pencipta iPhone tersebut dalam daftar Fortune Global 500 berada di peringkat kesembilan dengan meraup pendapatan mencapai $215,6 juta. Peringkat pertama diduduki Walmart dengan jumlah pendapatan mencapai hampir setengah milyar dolar.

Di posisi lima besar lain di kategori yang sama tidak terdapat perusahaan-perusahan elektronik. Melainkan, ada State Grid, Sinopec Group, China National Petroleum, dan Toyota Motor. Sementara posisi kesepuluh disabet Exxon Mobil.

Namun di kategori keuntungan dalam daftar Fortune Global 500, Apple berhasil mempertahankan gelar sebagai perusahaan paling menguntungkan di dunia meskipun keuntungannya tahun ini turun dibanding tahun sebelumnya. Mereka menyabet peringkat pertama dengan keuntungan sebesar $45,6 milyar.

After more than a decade of solid growth fueled first by the iPod music player and then by the even more popular iPhone, Apple finally appeared to hit a wall, with lackluster sales “relatively speaking” for other products such as the iPad and Apple Watch and a heavy reliance on upgraded phone models. But the most profitable publicly-traded company in the world is investing heavily in software and its efforts in new areas of opportunity, including automobiles, remain in development (and under wraps).


Baca juga:


Perusahaan-perusahaan lain yang mengantongi keuntungan terbesar di dunia setelah Apple ada Industrial and Commercial Bank of China ($41,8 milyar), China Construction Bank ($34,8 milyar), Agricultural Bank of China ($27,6 milyar), dan Bank of China ($24,7 milyar).

Sedangkan perusahaan teknologi yang menjadi pesaing Apple, yaitu Alphabet berada di nomor 9 dengan keuntungan $19,4 milyar, Samsung Electronics di nomor 10 ($19,3 milyar), dan Microsoft di nomor 13 ($16,7 milyar). Walmart yang meraih pendapatan teringgi di dunia berada di peringkat 11 dengan keuntungan jauh lebih kecil yaitu $13,6 milyar.

Apple diharapkan masih bisa mempertahankan gelarnya sebagai perusahaan menguntungkan di dunia tahun berikutnya. Bukan tanpa alasan, mereka sedang bersiap untuk meluncurkan iPhone 8 tahun ini. iPhone baru tersebut diprediksikan bakal menciptakan siklus upgrade besar-besaran.

[source site_name = “Fortune” site_url = “http://fortune.com/global500/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest