Follow Us

Cara Mengecek Garansi Produk Apple (iPhone, iPad, Mac, Apple TV dan Apple Watch)

Bagus Hernawan - Senin, 24 Juli 2017 | 18:11
Cara Mengecek Garansi Produk Apple (iPhone, iPad, Mac, Apple TV dan Apple Watch)

Semua produk Apple baik komputer Mac, iPhone, iPad, iPod, Apple TV atau Apple Watch dilengkapi dengan garansi sepanjang 1 tahun dari Apple. Tentunya kamu perlu mengetahui kapan garansi dari produk Apple tersebut berakhir untuk beberapa keperluan. Misalkan berencana klaim kerusakan atau menjualnya sebagai produk bekas dengan garansi resmi dari Apple yang masih berlaku (biasanya bisa mendapatkan harga jual lebih baik). Di artikel ini tim MakeMac akan berbagi cara mengecek garansi produk Apple yang kamu gunakan, khususnya untuk perangkat iOS dan juga komputer Mac. Simak info lengkapnya berikut ini.

Persiapan Untuk Mengecek Garansi Produk Apple

Apple tidak pernah menggunakan kartu garansi berbentuk kertas atau dokumen yang harus kamu isi dan kirim ke alamat tertentu misalnya. Semua hal seputar garansi dan produk yang kamu gunakan tersimpan berdasarkan Serial Number yaitu kode unik yang ada di setiap perangkat iPhone, iPad, iPod, komputer Mac atau Apple Watch dan Apple TV.

Bagaimana cara mencari Serial Number dari produk Apple yang kamu gunakan? Berikut ini beberapa cara yang harus kamu tahu:

  1. Perangkat iOS: Masuk ke Settings – General – About – Serial Number. Tekan dan tahan jari kamu di list tersebut untuk copy Serial Number dari perangkat iOS yang digunakan.
  2. Komputer Mac: Masuk logo Apple – About This Mac – Overview. Klik kiri mouse 2x berturut-turut lalu gunakan shortcut Command + C untuk copy Serial Number.
  3. Perangkat Apple Watch: Masuk ke Settings – General – About. Kamu juga bisa mencari Serial Number dari Apple Watch lewat aplikasi Watch di perangkat iOS yang tersinkronisasi dan akses bagian My Watch – General – About. Cara lainnya bisa kamu baca di artikel berikut ini.
  4. Apple TV: Masuk ke Settings – General – About. Panduan lain untuk mengecek Serial Number Apple TV dan juga Siri Remote bisa kamu baca di artikel berikut ini.

Cara Mengecek Serial Number Produk Apple

  1. Siapkan Serial Number dari produk Apple yang akan kamu cek garansinya.
  2. Buka laman Cek Garansi Produk Apple dari peramban Safari atau lainnya yang biasa kamu gunakan.
  3. Tempel (paste) Serial Number yang ingin kamu cek pada kolom pertama.
  4. Isi kolom kedua dengan kode keamanan yang diberikan oleh Apple.
  5. Tekan tombol Continue di bagian bawah.
Berikut ini beberapa informasi penting yang akan kamu dapatkan setelah Apple mendeteksi Serial Number dari produk yang kamu cek:

  • Valid Purchase Date: Produk sudah dibeli atau diaktivasi oleh pengguna. Dengan kata lain produk ini sudah pernah terhubung ke server Apple dalam bentuk login ke Apple ID atau hal lainnya. Setiap produk yang belum diaktivasi akan menampilkan tulisan yang berbeda yaitu “Please activate your iPhone” (atau iPad, Mac dan lainnya) dengan ikon warna orange.
  • Telephone Technical Support: Setiap pembelian produk Apple dalam status baru dan belum diaktivasi, pengguna akan mendapatkan layanan dukungan bantuan dari tim Apple lewat telepon, untuk setiap masalah yang ingin kamu tanyakan dalam 90 hari pertama. Setelah itu kamu tetap bisa menghubungi Apple Support namun dengan beberapa batasan yang ditentukan lebih lanjut.
  • Repairs and Service Coverage: Bagian ini akan berisi masa garansi produk Apple yang kamu gunakan yaitu 1 tahun pertama. Jika masih dalam masa garansi yang ditentukan, pengguna bisa melihat Estimated Expiration Date alias prediksi tanggal garansi berakhir

Baca Juga:

Catatan Tambahan

Dari beberapa pengalaman saya mengenai pengecekan garansi produk Apple, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu gunakan sebagai catatan tambahan:

  • Produk yang belum diaktivasi, bukan berarti garansi belum aktif. Jika membeli produk Apple di tempat retail non Apple (toko selular pihak ketiga misalnya), bisa saja kamu mengecek Serial Number dengan panduan di atas dan mendapatkan keterangan “Please activate your iPhone”. Namun setelah dibeli dan aktivasi, garansi produk tersebut sudah berjalan beberapa waktu. Apple memang menjelaskan hal ini dan pengguna bisa melaporkan bukti pembelian untuk mengubah info tersebut. Info lengkapnya silakan cek di halaman Apple Support berikut ini.
  • Warna ikon produk di halaman Check Coverage tidak mewakili warna asli. Misalkan kamu menggunakan perangkat iPhone 5s dengan warna gold, namun saat dicek ternyata halaman Check Coverage by Apple menampilkan perangkat iPhone dengan warna putih. Hal ini tidak salah, karena Apple memang menggunakan warna putih untuk ikon semua produk iPhone 5s dan warna hitam untuk iPhone 5 yang dicek lewat laman tersebut.
  • Laman Check Coverage by Apple tidak dapat digunakan untuk mengecek status jaringan dan iCloud. Jika kamu ingin membeli iPhone bekas, Apple tidak memberikan fitur untuk mengecek status iPhone tersebut bersifat lock operator AT&T misalnya atau bisa digunakan oleh semua sim card secara internasional. Laman Check Coverage by Apple juga tidak memberikan informasi mengenai status akun iCloud yang masih digunakan di perangkat tersebut atau hal lain seperti iCloud Activation Lock.
  • Pastikan cek garansi produk Apple di laman resmi. Saat ini banyak sekali website pihak ketiga yang menyediakan layanan untuk cek garansi produk Apple. Kebanyakan website tersebut bertujuan untuk mendapatkan pendapatan dari iklan untuk setiap tombol yang kamu tekan atau lebih bahaya lagi, mereka bisa saja membuat database dari Serial Number yang kamu masukkan.
  • Mengenal layanan tambahan garansi dari Apple Care. Bagi kamu yang ingin mendapatkan garansi tambahan dari Apple, silakan beli layanan Apple Care yang bersifat sekali saja untuk setiap produk Apple yang didukung dan aktivasi sebelum masa garansi tahun pertama habis. Untuk perangkat iOS, dapatkan tambahan garansi 1 tahun dari tanggal terakhir garansi utama dan untuk perangkat komputer Mac, dapatkan tambahan garansi 2 tahun dari tanggal terakhir garansi utama. Info lengkap mengenai Apple Care seperti harga, cara membeli dan hal lainnya bisa kamu baca di laman berikut ini.

Editor : Bagus Hernawan

Latest