Follow Us

Apple Ajukan Paten Perangkat Smart Glass Dukung AR

Andri Alfansyah - Jumat, 28 Juli 2017 | 11:38
Apple Ajukan Paten Perangkat Smart Glass Dukung AR

Kehadiran produk smart glass dari Apple di masa depan yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR) ternyata bukan cuma kabar burung belaka. Pencipta iPhone itu diam-diam sudah mengajukan paten untuk produk dengan teknologi terkait.

Dari dokumen yang dipublikasikan USPTO sebagaiman dilansir Patently Apple, paten baru Apple menjabarkan soal metode untuk menampilkan lingkungan nyata yang interaktif di layar iPhone. Paten ini sendiri mencakup perangkat smart glass yang merek dagangnya sudah dikantongi.

Dengan kata lain, paten tersebut menjelaskan bagaimana perangkat Phone dan smart glass yang mendukung AR tersebut dapat digunakan bersama-sama. Sehingga pengguna bisa menggunakan iPhone untuk berinteraksi dengan gambar yang tampil di smart glass.

The mobile device may perform an action related to the at least one point of interest if at least part of the computer-generated virtual object blended in on the semi-transparent screen is overlapped by a user’s finger or device held by the user.


Baca juga:


Paten baru ini kabarnya merupakan hasil pengembangan Metaio, perusahaan pengembang AR asal Jerman yang dibeli Apple pada 2015. Apple mengajukan paten ini pada bulan April lalu.

Sebelum ini, Apple juga sudah mengantongi dua paten teknologi baru yang berkaitan dengan aplikasi yang mendukung platform Augmented Reality (AR). Paten pertama tentang aplikasi desain interior dan yang kedua tentang poster film. Seperti produk smart glass, kedua paten itu kabarnya menggunakan teknologi dari Metaio.

Apple sendiri berencana meluncurkan dukungan teknologi AR di iOS 11 pada musim Gugur nanti menyusul sudah dirilisnya platform ARKit buat pengembang menjajalnya. Jadi bisa dipastikan bahwa iPhone 8 yang siap diumumkan September mendatang juga bakal dilengkapi dengan teknologi canggih ini.

[source site_name = “Patently Apple” site_url = “http://www.patentlyapple.com/patently-apple/2017/07/apple-patent-reveals-the-exciting-possibility-of-augmented-reality-smartglasses.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest