Follow Us

Nokia Dapat Dana Segar dari Apple Sebesar $2 Milyar

Andri Alfansyah - Senin, 31 Juli 2017 | 11:58
Nokia Dapat Dana Segar dari Apple Sebesar $2 Milyar

Akhir pekan lalu, Nokia mengumumkan laporan keuangan selama kuartal 2017 dengan hasil yang sangat menggembirakan. Pasalnya, mereka mendapatkan aliran dana tambahan dalam jumlah masif dari Apple.

Sebagaimana dilansir Nokiamob, vendor ponsel asal Finlandia yang melakukan comeback ke ranah smartphone itu mendapatkan kucuran dana segar di muka sekitar €1,7 milyar atau $2 milyar dari Apple. Dana tersebut diberikan sebagai upaya damai untuk mengakhiri sengketa lisensi paten.

Dana yang dikucurkan Apple diumumkan Nokia dalam event laporan keuangan selama kuartal kedua 2017 akhir pekan lalu. Mereka pun berencana merilis rincian penggunaan dana tersebut di kuartal berikutnya.

Second, we got a substantial upfront cash payment of €1.7 billion from Apple, strengthening further our cash position. As said earlier, our plans is to provide more details on the intended use of cash in conjunction with our Q3 earnings.

Nokia Technologies led the way, with sales up 90% versus the same period last year. That was largely, but not completely, driven by our recently-announced agreement with Apple; and you can also see the impact of that agreement in our cash position.

Nokia dan Apple pada Mei lalu mengumumkan sudah mengakhiri sengketa paten yang sudah berlangsung cukup lama. Tepatnya pada Desember tahun lalu, mereka mengajukan tuntutan terhadap Apple di Jerman dan AS karena sudah melanggar puluhan paten miliknya.


Baca juga:


Setelah beberapa bulan berlalu, Nokia dan Apple menemui kata sepakat dan menjalin kerja sama baru. Dalam kesepakatan itu, Nokia berkewajiban menyediakan jaringan infrastruktur produk dan layanannya untuk Apple. Sedangkan Apple bakal menjual produk berbasis kesehatan dari Nokia di toko fisik maupun online miliknya.

Tentunya dana dengan nilai fantastis tersebut bisa menyelamatkan keuangan Nokia sempat terkapar dalam dunia smartphone karena tak bisa bersaing dengan vendor asal Asia. Bahkan mereka sempat menjual unit bisnis ke Microsoft karena kalah oleh vendor smartphone besar saat itu.

[source site_name = “Nokiamob” site_url = “http://nokiamob.net/2017/07/27/apple-agreed-to-pay-one-time-up-front-e1-7-billion-to-nokia-for-patents/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest