Follow Us

(Konsep) Desain iOS 11 Cantik Ini Bakal Bikin Kamu Inginkan iPhone 8

Andri Alfansyah - Jumat, 04 Agustus 2017 | 13:11
(Konsep) Desain iOS 11 Cantik Ini Bakal Bikin Kamu Inginkan iPhone 8

iPhone 8 atau iPhone Pro–apapun namanya–diketahui bakal mengusung layar dengan desain bezeless. Imbasnya, Apple tidak bakal lagi mengadopsi tombol Home di iPhone barunya tersebut seperti di model-model terdahulu. Desain layar baru iPhone 8 tentunya menimbulkan pertanyaan mengenai tampilan sistem antarmuka di iOS versi barunya nanti.

Berdasarkan kode yang ditemukan pengembang Steve Troughton-Smith dalam firmware HomePod, iPhone generasi baru terungkap bakal dilengkapi layar dengan resolusi lebih besar yaitu pada 1125 x 2436. Hal ini menyusul iPhone 8 bakal punya layar berukuran 5,8 inci. Secara otomatis ini membuat tampilan sistem operasi menjadi juga lebih besar.

Sebagai gambaran buat kamu, mantan pengembang di Apple Allen Pike baru-baru ini membuat konsep berupa mockup desain layar iPhone 8 dengan resolusi 375 x 812 piksel. Meski kecil, resolusi rendernya iPhone ini dikatakan lebarnya sama seperti iPhone 7. Namun lebih tinggi 22 persen dan menariknya mendukung aplikasi yang ada.

Seperti dipublikasi di laman blog miliknya, iPhone 8 yang dibikin Ellen Pike menggunakan tombol Home virtual. Tombol ini bakal menampilkan beragam fungsi tambahan sesuai aplikasi yang dibuka.

Contohnya tampilan aplikasi Finder yang baru di iOS 11. Beberapa fungsi yang biasa diletakan di bagian atas kini berada sejajar di tombol Home virtual yang memakan tempat 66 piksel. Di tombol Home ini juga dimungkinkan untuk meletakan tampilan jam saat ini. Sedangkan ukuran nama Judul utama di aplikasi menjadi lebih besar.

Begitu juga di aplikasi App Store. Allen Pike memindahkan sejumlah pengaturan, seperti tombol Action dan All Categories ke bagian bawah di aplikasi tersebut. Selain tampilan aplikasi lebih tinggi, ukuran header juga lebih tebal daripada sebelumnya dan ada tampilan jam analog di tombol Home.


Baca juga:


Kehadiran tampilan jam diletakan di tombol Home virtual cukup masuk akal. Pasalnya bezel atas seperti diketahui bakal digunakan oleh Notch, lokasi di mana kamera depan, sensor proximity, dan speaker berada. Kiranya jika jam berada di bar atas tampilannya kurang menarik karena berdekatan dengan indikator sinyal atau baterai.

Direlokasikannya sejumlah fungsi aplikasi ke bagian bawah sendiri bukan tanpa alasan. Hal tersebut diklaim untuk memudahkan pengguna dalam menjangkau aplikasi dibandingkan jika diletakan di bagian atas mengingat iPhone 8 punya layar lebih besar.

Render desain sistem antarmuka yang dibikin Ellen Spike masih berupa konsep. Jadi belum diketahui secara pasti bagaimana tampilan iOS 11 di iPhone 8. Semua bakal terungkap saat pengumumannya nanti bulan September. Nah bagaimana menurutmu, apakah kamu suka dengan desain iOS 11 di iPhone 8 ini?

[source site_name = “Allen Pike” site_url = “http://www.allenpike.com/2017/developing-for-iphone-pro/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest