Follow Us

Seperti Android, Apple Diminta Bikin Fitur “Advanced Mobile Location” di iOS

Andri Alfansyah - Senin, 14 Agustus 2017 | 12:35
Seperti Android, Apple Diminta Bikin Fitur “Advanced Mobile Location” di iOS

Apple ternyata masih belum mengimplementasikan Advanced Mobile Location (AML) di iPhone sebagai diadopsi smartphone pesaing. AML adalah sistem yang memungkinkan operator jaringan mengidentifikasi dengan akurat lokasi di mana seseorang melakukan panggilan darurat.

Oleh karena itu seperti dilansir TNW, organisasi layanan darurat European Emergency Number Association (EENA) yang mewakili 1.300 layanan darurat di 80 negara mendesak Apple untuk memasukkan fitur AML di perangkat iOS. Kehadiran fitur ini dinilai penting karena bisa menyelamatkan lebih banyak jiwa.

Fitur AML sendiri sudah diadopsi Google di smartphone Android di banyak negara sejak tahun lalu. Namun Apple hingga saat ini masih belum mau mengimplementasikannya di iPhone. Padahal sistem ini diperlukan untuk keselamatan penggunanya.

“As AML is being deployed in more and more countries, iPhone users are put at a disadvantage compared to Android users in the scenario that matters most: An emergency. EENA calls on Apple to integrate Advanced Mobile Location in their smartphones for the safety of their customers.”

Dalam prosesnya, AML bekerja dengan mengenali panggilan darurat yang dilakukan pengguna dengan mengakses GPS dan Wi-Fi di dalam ponsel. Selanjutnya, AML akan secara otomatis mengirimkan lokasi yang akurat kepada layanan darurat.


Baca juga:


AML sendiri diklaim jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem biasa yang mengandalkan sinyal seluler triangulasi. Keakuratannya mencapai 4.000 kali lebih tinggi. Bahkan, ia bisa melacak lokasi ruangan dengan akurat di dalam apartemen.

EENA mengklaim sistem AML di ponsel Android sudah membantu menyelamatkan banyak jiwa. Jika Apple menghadirkan sistem yang sama seperti Google, mereka memprediksikan bisa menyelamatkan sekitar 7.500 jiwa dalam sepuluh 10 tahun ke depan.

Tampaknya, masalah privasi menjadi kendala utama mengapa Apple belum mau mengimplementasikan sistem AML di iPhone. Pasalnya, seperti diketahui mereka sangat tegas soal hal itu. Meski begitu, sistem AML disebutkan hanya aktif saat panggilan darurat saja sekitar 30 detik dan bakal mati setelahnya. Jadi hal ini tidak menggangu privasi. Meski begitu tidak diketahui, apakan Apple mau mengimplementasikannya di iOS.

[source site_name = “TNW” site_url = “https://thenextweb.com/apple/2017/08/10/apple-refuses-enable-iphone-settings-save-countless-lives/?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+TheNextWeb+%28The+Next+Web+All+Stories%29#.tnw_7RWyVKFq”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest