Follow Us

iRig Mic Field, Mikrofon Ultra Kompak untuk Pengguna iOS

Iman Fattah - Senin, 28 Agustus 2017 | 15:24
iRig Mic Field, Mikrofon Ultra Kompak untuk Pengguna iOS

Bagi kamu pengguna perangkat Apple yang hobi musik dan video, satu lagi produk keren keluaran IK Multimedia yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung hobi kamu, yaitu iRig Mic Field. iRig Mic Field ini adalah mikrofon kecil yang kompatibel dengan perangkat Apple dengan konektor Lightning seperti iPhone 5 ke atas, iPod Touch generasi 7 ke atas, dan iPad generasi 4 ke atas. iRig Mic Field ini sangat mudah digunakan, cukup colok ke konektor Lightning di perangkat kamu, mikrofon ini bisa langsung terdeteksi oleh iOS serta bisa langsung digunakan.

Aplikasi yang mendukung sangat banyak seperti Voice Recorder, iMovie, GarageBand dan banyak aplikasi lain. Selain itu, IK Multimedia juga menyediakan aplikasi khusus yang bernama iRig Recorder di app store dan bisa di download dengan gratis.

Meskipun bentuknya imut, tetapi mikrofon ini bisa diatur dalam posisi vertikal untuk merekam suara dan posisi horizontal untuk merekam suara video. Di bagian depan mikrofon ini terdapat lampu kecil yang menyala dengan tiga warna untuk monitor tingkat volume suara, warna biru ketika baru dicolok dan aktif, warna hijau/oranye apabila signal suara baik, dan warna merah apabila suara terlalu keras.


Baca Juga:


Pengalaman Menggunakan iRig Mic Field di Lapangan

Kualitas rekaman mikrofon ini sangat bagus dan bersih dengan kenop volume yang bisa kita atur sendiri apabila suara yang mau kita rekam terlalu keras atau terlalu pelan. Saya melakukan rekaman suara untuk musik dengan voice recorder dan GarageBand. Hasilnya sangat memuaskan, terlebih lagi mikrofon ini sangat kecil dan ringan untuk dibawa dalam tas setiap hari. iRig Mic Field ini juga menjadi “senjata utama” saya saat kegiatan program Seniman Mengajar yang digagas kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Kalimantan Barat untuk merekam musik tradisional Dayak Iban di lokasi.

Meskipun sangat berbeda dengan teknik merekam musik populer seperti vokal, gitar atau drum, tetapi iRig Mic Field ini sangat bagus menangkap detil-detil suara yang keluar dari instrumen tradisional tersebut. Pengalaman paling unik adalah saat merekam tradisi pesta Gawai atau perayaan panen dimana warga melaksanakan tarian Ngetah Ranyai dengan iringan musik yang khas. iRig Mic Field sanggup menangkap semua musik dan suara ambiens suasana setempat dengan jelas dan bersih. Kualitas WAV alat ini sama dengan mikrofon profesional lainnya yaitu 24-bit, 44.1 – 48 kHz dengan kapsul stereo sebagai motornya.

Beberapa kelebihan menarik lainnya dari iRig Mic Field adalah tidak memerlukan baterai alias menggunakan tenaga dari perangkat iPhone serta ada port jack audio untuk memantau output suara jika diperlukan. Jadi buat kamu yang hobi bermusik dan merekam suara atau bikin Vlog menggunakan kamera iPhone, iRig Mic Field ini adalah alat wajib untuk mendukung semua keperluan kamu dengan harga yang sangat terjangkau.

Download iRig Recorder LE · Harga: Gratis


Pioneer Rayz Rally, Speaker Konektor Lightning yang Ringkas


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Iman Fattah

Latest