Follow Us

Logitech M585, Mouse Multi Perangkat dengan Teknologi Flow

Bagus Hernawan - Rabu, 06 September 2017 | 15:15
Logitech M585, Mouse Multi Perangkat dengan Teknologi Flow

Tetikus atau lebih sering dibilang mouse adalah salah satu perangkat input di komputer yang wajib tersedia. Terutama bagi kamu yang merasa trackpad bawaan komputer Mac atau Magic Mouse dalam kemasan iMac terasa kurang pas, membeli mouse dari pihak ketiga adalah jawabannya. Nah di artikel ini tim MakeMac akan berbagi review untuk Logitech M585, sebuah mouse nirkabel dengan kemampuan Flow atau mode salin data antar komputer secara mudah.

Tampilan Logitech M585

Mouse nirkabel ini hanya memiliki berat sekitar 101gram dan ukuran cukup imut. Warnanya yang hitam dan permukaan doff di sisi samping membuat saya sangat menyukai mouse ini karena tidak mudah kotor. Bicara koneksi, Logitech M585 menggunakan mode Bluetooth untuk dapat terhubung ke komputer kamu secara mudah. Apakah kamu menggunakan komputer PC dan tidak memiliki mode koneksi Bluetooth? Tenang, ada dongle USB Bluetooth yang dapat kamu gunakan dengan mudah – perlu software tambahan ya.

Berpindah pada tombol yang ada di Logitech M585 ya! Fitur utama seperti klik kiri dan kanan dan scroll buttona dalah hal wajib yang ada di semua mouse. Logitech M585 hadir dengan 2 hal tambahan yaitu Thumb Buttons alias sepasang tombol yang dapat ditekan dengan ibu jari dan Special Buttons untuk memindahkan koneksi Logitech M585 ke komputer berikutnya. Ya, kamu bisa melakukan pairing Logitech M585 kepada 2 komputer secara berbeda dan digunakan secara bergantian. Contohnya adalah menggunakan Logitech M585 di MacBook Air dan iMac secara bergantian saat di luar ruang kerja membawa MacBook Air atau sedang di kantor bersama iMac.

Aplikasi Tambahan Sebagai Senjata Utama

Sederetan tombol yang ada di Logitech M585 dapat kamu kustomisasi sesuai kebutuhan lewat aplikasi yang diberikan. Menggunakan nama Logitech Options, kamu bisa melakukan banyak pengaturan untuk Logitech M585. Mulai dari memindah fungis tombol klik kiri dan kanan untuk pengguna kidal, pengaturan spesial di Thumb Buttons dan Scroll Buttons, mode gesture dan masih banyak lainnya. Berikut ini pengaturan yang saya gunakan di Logitech M585 lewat Logitech Options:

  • Scroll Left: Brigtness Down
  • Scroll Right: Brigtness Up
  • Scroll Click: Screen Caputre, Window, Clipboard
  • Special Button 1: Gesture Button
  • Special Button 2: Keystroke Assignment: Cmd+V
Pengaturan di atas saya buat sesuai dengan kebutuhan untuk akses komputer Mac yang sering saya lakukan. Pertama adalah mode pengaturan kecerahan layar yang mudah diakses lewat Scroll Button, ke kiri untuk menurunkan dan ke kanan untuk lebih cerah. Sedangkan klik di scroll button digunakan untuk membuat screenshot dengan mode window dan tempel (paste) di dokumen yang saya butuhkan atau mungkin Tweet ke Twitter dengan menekan Special Button 2.

Sedangkan Special Button 1 saya gunakan untuk Gesture Button. Mode ini juga punya sub pengaturan yang terdiri dari beberapa jenis pengaturan. Mulai dari Windows Navigation, Media Control, Free Pan, App Navigation dan banyak lainnya. Saya memilih Windows Navigation sebagai pengganti akses Trackpad 4 jari dengan mode tekan dan tahan ke salah satu 4 arah (atas, bawah, kiri, kanan).

Masih ada beberapa pengaturan yang dapat kamu lakukan di Logitech Options. Mulai dari Point & Scoll untuk mengendalikan kecepatan Pointer dan Scrolling, Scrolling Direction, Flow dan pengaturan aplikasi. Ya, kamu bisa melakukan pengaturan secara khsusus untuk setiap aplikasi yang diinginkan. Misalkan mode Natural Scrolling hanya dilakukan di Safari atau mungkin aplikasi lainnya.


Baca Juga:


Teknologi Flow

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Teknologi paling spesial di M585 adalah Logitech Flow. Fitur ini berguna untuk menyalin teks, dokumen atau gambar dari satu komputer ke komputer lain Dengan cara tersebut kamu tidak perlu lagi mengunggah dokumen lewat layanan cloud service atau mungkin email dokumen tersebut dari komputer A ke komputer B yang terdengar sangat kuno.

Cara menggunakan fitur Logitech Flow juga sangat mudah. Pastikan kamu sudah instal aplikasi Logitech Options di kedua komputer tersebut dalam satu jaringan Wi-Fi. Setelah itu pairing setiap komputer dengan Logitech M585 yang kamu gunakan, gunakan Special Buttons untuk mengganti koneksi di setiap komputer yaitu lampu berkedip untuk indikator komputer nomor 1 atau 2. Setelah selesai, aktifkan Flow dengan cara copy text, dokumen atau gambar dan paste di komputer berikutnya lewat Logitech M585.

Akhir Kata

Saya sangat menikmati kualitas Logitech M585 dan juga mode kustomisasi yang diberikan. Bentuk yang ringkas dan slim, tombol yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhann dan mode koneksi 2 perangkat serta fitur Flow menjadi hal yang saya suka dari perangkat ini. Namun ada beberapa hal yang menjadi batasan dari Logitech M585 sepanjang saya menggunakan perangkat ini. Yaitu tidak ada mode kustomisasi DPI (default di angka 1000DPI) serta mode profile untuk pengaturan yang kamu buat di Logitech Option.

Berminat untuk menggunakan Logitech M585 seperti tim MakeMac? Kamu bisa membeli mouse ini dengan harga $49 atau sekitar 500 ribu Rupiah di Indonesia. Selamat berbelanja ya!


Logitech Craft, Keyboard Premium dengan Teknologi Tombol Putar


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest