Follow Us

Apple Rilis Video Panduan Desain Aplikasi untuk iPhone X

Bagus Hernawan - Jumat, 15 September 2017 | 14:59
Apple Rilis Video Panduan Desain Aplikasi untuk iPhone X

Perangkat iPhone X punya bagian baru di sisi layar yang membuat banyak pihak fokus membahasnya. Bagian atas layar yang digunakan untuk meletakkan beragam sensor dan kamera depan untuk Face ID (disebut Notch oleh banyak pengamat) kabarnya membuat para developer sempat bingung dalam mengubah tampilan aplikasi mereka. Namun Apple sudah merilis video baru di laman Apple Developer dengan tema membuat desain aplikasi untuk iPhone X.

Dalam video berdurasi 12 menit tersebut, Apple memberikan beberapa penjelasan penting untuk membuat desain aplikasi di iPhone X, terutama dengan adanya Notch. Para pengembang diminta untuk menghindari elemen desain dengan efek yang akan menutupi sensor tersebut misalkan baris dengan warna hitam atau hal lainnya.

Don’t mask or call special attention to key display features. Don’t attempt to hide the device’s rounded corners, sensor housing, or indicator for accessing the Home screen by placing black bars at the top and bottom of the screen. Don’t use visual adornments like brackets, bezels, shapes, or instructional text to call special attention to these areas either.

Sesuai dengan kutipan di atas, Apple menyarankan para pengembang aplikasi untuk tidak menyembunyikan bagian sudut, sensor housing, indikator untuk akses Home Screen dengan cara meletakkan baris warna hitam pada bagian di atas atau bawah. Pengembang aplikasi untuk iPhone X juga tidak disarankan untuk menambahkan konten visual di bagian tersebut dengan bentuk brackets, bezel, shapes atau teks penjelasan di bagian tersebut. Selain penjelasan dalam bentuk video, Apple juga punya halaman Human Inteface Guideline untuk iPhone X. Simak info lengkapnya di halaman Apple Developer ya!


Baca Juga:


Di luar saran dari Apple, sejumlah pengembang aplikasi kabarnya malah membuat Notch sebagai hal istimewa di iPhone X. Yaitu dengan cara membuat aplikasi yang menggunakan Notch sebagai elemen tambahan dari desain mereka, membuat lekuk yang pertama kali ada di sejarah perangkat iPhone ini menjadi cara menampilkan visual yang unik. Misalkan setiap list teks yang lewat di bagian Notch, akan menjorok ke bagian dalam secara otomatis atau mungkin sebagai scroll indicator dalam bentuk yang unik. Para pengembang lainnya menganggap ide itu sebagai lelucon yang menarik namun bisa saja menjadi hal yang serius.

Notch dan Desain Perfeksionis dari Apple

Mungkin kamu penasaram, kenapa harus ada Notch yang berupa lekukan di sisi atas perangkat iPhone X? Kenapa Apple tidak bisa membuat bagian ini rata, satu baris mendatar dan membuat kamu tidak perlu mendapatkan layar yang aneh jika dibandingkan desain iPhone sebelumnya?

Saya pribadi berpendapat bahwa Apple ingin pengguna iPhone X melihat deretan sensor TrueDepth Camera di bagian depan dengan mudah. Dengan cara ini kamu akan selalu sadar akan keberadaan kamera depan di iPhone X yang punya fitur Face ID dan juga beragam sensor canggih untuk mendukungnya.

Pendapat lain juga dikemukakan oleh David Barnand. Apple tidak membuat sisi bagian atas iPhone X menjadi rata karena ingin menampilkan desain yang sempurna alias simetris. Yaitu setiap sudut yang ada di layar iPhone X, akan tetap menggunakan jarak piksel yang sama, baik di sisi kiri dan kanan atas serta kiri dan kanan di bagian bawah. Hasilnya akan berbeda jika Apple membuat baris hitam di bagian atas layar demi menutupi TrueDepth Camera tersebut.

Editor : Bagus Hernawan

Latest