Follow Us

8 Persiapan Update iOS 11 untuk Pengguna Umum

Bagus Hernawan - Senin, 18 September 2017 | 17:28
8 Persiapan Update iOS 11 untuk Pengguna Umum

Setelah mendapatkan versi Beta selama beberapa bulan, Apple akhirnya mengumumkan tanggal rilis iOS 11 bagi pengguna umum. Yaitu tanggal 19 September 2017 waktu Amerika Serikat. Dari pengalaman tim MakeMac, update iOS 11 akan rilis di Indonesia dengan selisih sekitar belasan jam atau paling cepat adalah tanggal 20 September 2017 pukul 00.00 WIB.

Karena update ini bisa dibilang update besar, tentunya kamu butuh beberapa persiapan penting. Apa saja yang harus dilakukan sebelum update ke iOS 11? Simak 7 daftar persiapan berikut ini:

1. Daftar Perangkat yang Mendukung iOS 11

Pastikan perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch yang kamu gunakan masuk dalam daftar perangkat iOS yang mendukung iOS 11. Daftarnya sudah dirilis oleh Apple sejak beberapa bulan lalu. Yaitu iPhone 5s hingga iPhone X yang dirilis tahun 2017. Sedangkan untuk perangkat iPad dimulai dari iPad Mini 2 hingga iPad Pro 12.9 inci generasi kedua. Terakhir untuk iPod Touch hanya perangkat iPod Touch generasi keenam saja yang mendukung iOS 11.

2. Backup dengan Cara yang Kamu Suka

Backup atau membuat cadangan data adalah langkah kedua yang harus kamu lakukan. Hal ini saya sebut sebagai kegiatan wajib karena bisa saja kamu mengalami kendala saat update dan beresiko kehilangan data seperti kontak, dokumen foto dan video atau mungkin catatan penting lainnya. Ada beragam cara backup yang dapat kamu pilih, sesuaikan dengan kebiasaan dan cara yang kamu suka.

Untuk backup secara lengkap, baik data maupun pengaturan di perangkat iOS silakan gunakan metode Backup via iTunes atau iCloud Backup. Jika menggunakan iTunes, kamu juga bisa memilih opsi Archive Backup jika tidak ingin backup terakhir dari iOS 10 tersebut tertimpa dengan backup setelah update ke iOS 11. Hal ini berguna saat pengguna ingin downgrade ke iOS 10 jika memang jalurnya masih dibuka oleh Apple.

Sedangkan metode backup secara manual juga bisa kamu lakukan jika memang diperlukan. Sebagai contoh adalah salin dokumen pada aplikasi Photos lewat Image Capture di Mac ke hard disk eskternal, simpan catatan dari Notes ke iCloud Notes, unggah database dari aplikasi password manager ke akun iCloud atau beberapa jenis cara backup manual lainnya.


Baca Juga:


3. Passcode Lock dan Akun Apple ID

Sebelum mengunduh update iOS 11 lewat OTA Updates, pastikan kamu mengetahui 2 jenis kode kunci keamanan yang ada di perangkat iPhone atau iPad tersebut yaitu Passcode Lock dan juga password Apple ID. Passcode Lock diperlukan untuk ijin instalasi iOS 11 dan password Apple ID untuk login pertama kali atau membuka proses iCloud Activation. Sedangkan untuk metode update via iTunes, kamu harus mengingat kode Encrypted Backup yang sebelumnya kamu gunakan.

Jika kamu lupa dengan Passcode Lock, silakan ikuti panduan yang diberikan oleh Apple berikut ini. Sedangkan jika kamu lupa dengan password Apple ID, silakan masuk ke laman iforgot.apple.com dan pilih mode Recovery Password yang dapat kamu lakukan.

4. Koneksi Internet yang Stabil

Dokumen update iOS 11 berukuran cukup besar, sekitar 1.5GB hingga di atas 2GB – tergantung jenis perangkat iOS yang kamu gunakan. Pastikan kamu punya internet yang cukup kencang dan stabil supaya bisa mengunduh iOS 11 dengan lancar. Jangan menggantungkan layanan internet Wi-Fi gratisan yang ada di tempat umum seperti kampus atau mungkin Wi-Fi di kantor yang digunakan oleh banyak orang dan cenderung tidak stabil.

Silakan gunakan internet dari modem Wi-Fi portabel yang kamu gunakan secara pribadi atau jaringan Fiber Optic yang ada di rumah dan dipancarkan lewat Router nirkabel. Kamu juga bisa meminta teman yang punya koneksi internet kencang, untuk mengunduh IPSW iOS 11 yang dibutuhkan oleh perangkat iOS milik kamu. Salin IPSW tersebut dengan flashdisk atau storage eksternal lainnya lalu gunakan metode update via iTunes. Kamu juga bisa memberikan dokumen IPSW tersebut kepada teman lain dengan perangkat yang sama untuk melakukan update ke iOS 11 tanpa perlu mengunduh ulang dokumen IPSW yang sama.

5. Update Aplikasi

Sebelum mengunduh iOS 11, sebaiknya kamu sudah melakukan update untuk semua aplikasi yang ada di perangkat tersebut. Hal ini sebaiknya kamu lakukan mengingat iOS 11 sudah tidak lagi mendukung aplikasi dalam arsitektur 32-bit. Kamu bisa membaca panduan berikut ini untuk mengecek aplikasi 32-bit yang ada di perangkat iOS.

Editor : MakeMac

Latest