Follow Us

Meski Mahal, iPhone X Beri Apple Margin Keuntungan Lebih Kecil Dibanding iPhone 7

Andri Alfansyah - Selasa, 19 September 2017 | 12:05
Meski Mahal, iPhone X Beri Apple Margin Keuntungan Lebih Kecil Dibanding iPhone 7

Meskipun bakal menjual iPhone X dengan harga fantastis mulai $999 pada awal November mendatang, nyatanya Apple dikabarkan hanya mengantongi margin keuntungan yang lebih kecil dibandingkan tahun lalu.

Sebabnya seperti dilansir Wall Street Journal (via 9to5Mac), perusahaan layanan keuangan, perdagangan, dan investasi global Susquehanna International Group menyebutkan total harga komponen iPhone X dua kali lebih mahal dibandingkan iPhone 7 yang diluncurkan tahun lalu.

Secara rinci, total harga komponen iPhone X yang punya desain layar modern diperkirakan sebesar$581 (Rp 7,7 juta). Sedangkan untuk membuat iPhone 7, Apple mengeluarkan biaya sebesar $248 (Rp 3,3 juta).

The starting price of the new flagship iPhone X is about 50% more than the $650 starting price of last year’s iPhone 7 [but] the components cost an estimated $581, up from $248 for components in the iPhone 7, according to Susquehanna International Group. The gap suggests Apple’s profit margins on the new device are slimmer than on existing lines.

Meski tampak murah, biaya produksi iPhone X di atas hanya berupa perkiraan. Tidak ada yang tahu pasti berapa biaya yang dikeluarkan Apple untuk membuat iPhone X, kecuali Apple sendiri dan para supplier bahan baku tersebut.


Baca juga:


Margin keuntungan lebih kecil yang dikantongi Apple dari iPhone X diklaim cukup masuk akal. Di samping harga komponen yang lebih mahal, Apple tentunya mengeluarkan biaya riset dan pengembangan yang tidak sedikit. Apalagi, hadir dengan desain yang benar-benar baru, iPhone X membutuhkan biaya pengembangan jauh lebih besar.

iPhone X sepertinya menjadi pertaruhan baru Apple untuk membuktikan mahalnya harga jual produk barunya ini tidak lantas bakal menyurutkan konsumen untuk membelinya. Sebaliknya produk dengan status tinggi, macam iPhone X, diharapkan bakal meningkatkan penjualannya.

Apple sendiri baru akan menjual secara resmi iPhone X pada tanggal 3 November mendatang. Hal ini dilakukan supaya tidak merusak penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang pemesanannya sudah dimulai pekan lalu dan rencananya mulai dijual Jumat, pekan ini.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/09/18/iphone-x-costs-profit/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest