Follow Us

Komparasi Skor Benchmark iPhone X, iPhone 8, & iPhone 8 Plus, Mana yang Lebih Kencang?

Andri Alfansyah - Selasa, 19 September 2017 | 15:11
Komparasi Skor Benchmark iPhone X, iPhone 8, & iPhone 8 Plus, Mana yang Lebih Kencang?

Sama-sama dibekali chip prosesor A11 Bionic, iPhone X ternyata memiliki performa yang beda tipis dibandingkan dengan dua model baru lainnya, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, yang rencananya siap dipasarkan Jumat, pekan ini. Bahkan dalam pengujian lain, iPhone X kalah cepat.

Dalam pengujian benchmark awal, iPhone X meraih skor benchmark lebih tinggi daripada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di pengujian Single-Core. Sedangkan di pengujian Multi-Core, iPhone X harus mengakui kedigdayaan dua model iPhone baru tersebut.

Sebagaimana dilansir Geekbench, iPhone X tercatat sebagai perangkat iOS dengan performa paling cepat di pengujian Single-Core dengan skor benchmark 4204. Di susul kemudian oleh iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dengan mencetak skor benchmark masing-masing 4203 dan 4181.

Sementara itu, iPhone 8 Plus berada di posisi puncak perangkat iOS dengan performa paling tinggi pengujian Multi-Core dengan skor benchmark 10078. Di posisi kedua diisi iPhone 8 dengan skor benchmark 10065. Di pengujian yang sama, iPhone X berada di posisi ketiga dengan skor benchmark yang mampu diraih sebesar 9955.


Baca juga:


Skor benchmark iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus sepertinya masih berubah-ubah tergantung kondisi saat digunakan. Skor benchmark ketiga model iPhone baru tersebut naik-turun. Pasalnya seperti dilaporkan Cult of Mac, iPhone X sempat berada di posisi ketiga di pengujian Single-Core.

Saat itu, iPhone X mencetak skor benchmark 4028 di pengujian Single-Core dan 9287 di pengujian Multi-Core. Sedangkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mencetak skor benchmark masing-masing 4195 dan 10005 serta 4128 dan 9829 di dua pengujian yang sama.

Performa iPhone X yang berada di bawah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus disinyalir disebabkan karena chip prosesor A11 Bionic harus menangani tugas lebih banyak, seperti menyokong Face ID, layar OLED, dan lainnya.

Meski begitu, hasil skor benchmark yang diraih iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus secara keseluruhan memang mengesankan. Chip prosesor A11 Bionic memang sangat kencang seperti diklaim Apple kecepatannya mencapai 70 persen dibandingkan A10 di iPhone generasi sebelumnya.

Skor benchmark awal ketiga model iPhone terbaru sebelumnya juga berada jauh di atas smartphone-smartphone Android, macam Galaxy S8, Huawei P10, atau OnePlus 5. Bahkan skor benchmark-nya setara dengan iPad Pro, MacBook Air, dan MacBook Pro.

[source site_name = “Geekbench” site_url = “https://browser.geekbench.com/ios-benchmarks”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest