Follow Us

Review iOS 11: Tampilan Cantik dan Fitur Lebih Produktif

Bagus Hernawan - Selasa, 19 September 2017 | 23:05
Review iOS 11: Tampilan Cantik dan Fitur Lebih Produktif

Update iOS 11 pertama kali dikenalkan Apple pada acara WWDC 2017. Tim Cook dan para petinggi Apple lainnya menjelaskan beragam fitur baru dari sistem operasi iOS 11 yang akan diberikan untuk deretan perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch dalam arsitektur 64-bit. Banyak fitur yang dikenalkan oleh Apple dan memang sudah lama dinantikan oleh pengguna perangkat iOS. Terutama beberapa fitur bagi perangkat iPad dan juga mode AR untuk bermain games dan menikmati aplikasi hiburan.

Setelah mendapatkan 10 versi Beta sejak bulan Juni hingga akhir Agustus lalu, akhirnya iOS 11 rilis untuk pengguna umum. Tim MakeMac sudah mengikuti update ini sejak versi Beta pertama, tepatnya di hari pertama iOS 11 Developer Beta 1 dapat diunduh. Beragam bug system seperti perangkat yang mengalami gejala panas berlebihan serta harus sering melakukan Restart, orientasi layar berantakan, random shutdown, sudah saya alami sejak iOS 11 Beta pertama dapat diunduh.

Kini setelah rilis versi untuk pengguna umum, saya akan berbagi review iOS 11 secara lengkap bagi kamu para Sahabat MakeMac. Review ini akan saya bagi dalam beberapa poin berdasarkan setiap fitur dan fungsinya. Beberapa bagian juga akan membandingkan iOS 11 dengan iOS 10 sebagai versi sebelumnya.

Perubahan Tampilan Utama di iOS 11

Homescreen dan Lockscreen

Homescreen dan Lockscreen adalah 2 bagian utama yang ada di tampilan iOS. Pertama untuk Lockscreen, Apple membuat bagian ini semakin sederhana dan mudah diakses dengan swipe dari kiri, kanan, atas serta bawah. Belakangan baru kita tahu bahwa beragam kemudahan dan tampilan cantik ini memang dipersiapkan Apple untuk perangkat [iPhone X][4] yang menggunakan layar penuh dan tanpa Home Button.

Semenjak iOS 9 yang menghilangkan Slide to Unlock, Apple sudah membuat beberapa polesan di Lockscreen untuk membuat kamu melupakan warisan Steve Jobs tersebut dengan beragam fungsi lainnya. Kini di iOS 11, Lockscreen dibuat semakin kompak dan cantik. Pertama untuk tampilan utamanya, kamu tetap akan mendapatkan 3 halaman Lockscreen seperti iOS sebelumnya. Tidak ada yang berganti, bagian tengah adalah Lockscreen utama, kiri adalah Widget dan sebelah kanan ada akses cepat untuk fitur Camera.

Perubahan ada di tampilan Notification Center (akses swipe dari atas ke bawah baik di Lockscreen atau Homescreen). Mode ini sekarang hanya ada di Homescreen saja dan tampilannya sudah diubah menjadi lebih cantik dengan menggunakan gambar latar belakang dari wallpaper di Lockscreen. Tidak ada lagi tampilan Notification Center dengan gambar latar belakang buram – diganti dengan wallpaper dari Lockscreen dengan tampilan normal. Kamu juga akan melihat info jam, tanggal dan hari di mode Notification Center, sebelumnya hanya ada di bagian Widget. Masih dari Homescreen, fitur Spotlight Search di Notification Center juga kini dihapus oleh Apple untuk iOS 11. Kamu hanya akan menjumpai mode tersebut dari Widget dan juga Spotlight (swipe dari tengah layar ke bagian bawah) bersama dengan tampilan Siri Suggestions.

Pindah ke Lockscreen, deretan notifikasi pesan atau info dari aplikasi dan games yang kamu gunakan bisa dipanggil dengan cara swipe dari tengah layar ke bagian atas – menampilkan daftar notifikasi dalam kategori Earlier Today. Kamu bisa kembali menyembunyikan tampilan Earlier Today dengan menekan tombol Power Button atau lakukan aksi yang diperlukan dengan swipe ke kanan (open) atau swipe ke kiri (View, Clear). Pengguna iOS 11 juga bisa melakukan swipe panjang ke kiri sebagai cara cepat menghapus notifikasi yang tampil. Mode tekan dan tahan salah satu notifikasi dari aplikasi pesan juga bisa digunakan sebagai cara balas cepat, tanpa akses ke Lockscreen jika pengaturan keamanan tersebut kamu matikan.

Control Center

Sejak pertama kali rilis di iOS 7, tampilan Control Center di iOS 11 hadir dengan wajah yang sepenuhnya baru. Sejumlah pengamat perangkat iOS menggunakan nama semi modular Control Center, kamu bisa mencopot tombol yang tidak diperlukan namun masih tetap menyisakan tombol bawaan yang disebut fitur wajib oleh Apple. Tampilannya menggunakan mode kotak dengan beberapa tombol di dalamnya dalam kategori yang serumpun, mengambil format kategori dari barisan Control Center sebelumnya.

Misalkan untuk kotak di sebelah kiri atas, berisi beberapa tombol akses cepat untuk pengaturan Airplane Mode, Cellular Data, Wi-Fi, Bluetooth, AirDrop dan Personal Hotspot. Mungkin kamu hanya melihat 4 tombol saja pada tampilan utama Control Center dan bingung mencari 2 tombol sisanya. Silakan tekan dan tahan sentuhan pada kotak tersebut untuk menampilkan tombol tambahan lainnya.

Akses tekan dan tahan ini juga berlaku untuk kontak lainnya misalkan bagian Now Playing, pengaturan Brightness dan Low Power Mode, kekuatan sinar Flashlight serta akses Camera di Control Center yang akan menampilkan beberapa tombol cepat seperti Selfie, Record Video, Slo-mo dan juga Potrait Mode untuk pengguna iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus serta iPhone X. Bagi pengguna iPhone yang mendukung 3D Touch, fitur ini melibatkan hardware tersebut untuk mode menekan dan tahan. Sedangkan perangkat iPad atau iPhone 5s dan iPhone SE, cukup tekan dan tahan agak lama di bagian yang sama.

Konsistensi Header di Aplikasi Bawaan

Setelah mencoba banyak bagian di iOS 11 (terutama untuk perangkat iPhone), saya menemukan sebuah konsistensi desain yang baru dari Apple. Yaitu bagian judul utama atau Header yang selalu berada pada tempat yang sama dan font cetak tebal. Contohnya ada di Notes, App Store, Files, Messages, Photos dan masih banyak aplikasi bawaan lain. Tentunya tampilan ini membuat iOS 11 menjadi lebih rapi dan menjaga konsistensi desain dari Apple.

Menurut pendapat saya, desain ini sengaja dipersiapkan Apple untuk tampilan di iPhone X atau mungkin iPad Pro dengan ukuran 10.5 inci yang juga rilis tahun ini. Dengan layar besar dan Header utama yang jelas, kamu bisa mengenali setiap aplikasi yang sedang dibuka dengan cepat dan rapi – misalkan saat menggunakan Multitasking untuk iPad atau kegiatan lainnya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest