Follow Us

3 Cara Aktifkan Tombol AssitiveTouch di iOS 11

Bagus Hernawan - Rabu, 27 September 2017 | 18:01
3 Cara Aktifkan Tombol AssitiveTouch di iOS 11

Apakah kamu sering menggunakan AssitiveTouch karena beberapa keterbatasan dalam menekan tombol Home Button, Power Button atau mungkin butuh cara yang lebih cepat saja? Kabar baik untuk pengguna iOS 11, kini ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk menampilkan tombol virtual dengan warna putih tersebut secara mudah dan cepat. Simak info lengkapnya dari artikel ini ya!

3 Cara Aktifkan Tombol AssitiveTouch di iOS 11

1. Dari Aplikasi Settings

Cara pertama sebetulnya sudah lama tersedia di perangkat iOS, tidak hanya ada di iOS 11 saja. Yaitu masuk ke aplikasi Settings – General – Accessibility – AssitiveTouch. Di bagian ini kamu bisa mengatur beberapa hal seputar AssitiveTouch seperti Top Level Menu alias daftar fitur cepat apa saja yang bisa tampil ketika menekan AssitiveTouch, 3D Touch Gesture untuk perangkat iPhone 6s atau lebih baru, Idle Opacity atau beberapa hal lainnya.

2. Gunakan Accessibility Shortcuts

Serupa dengan cara pertama, fitur ini juga sudah tersedia sejak iOS 10 dan versi sebelumnya. Yaitu aktifkan AssitiveTouch lewat bantuan Accessibility Shortcut. Fitur ini dapat kamu atur dari Settings – General – Accessibility – Accessibility Shortcuts. Pilih AssitiveTouch dari daftar yang tampil lalu selesai, kamu bisa memanggil AssitiveTouch dengan cara menekan Home Button 3 kali secara berturut-turut. Jika ada lebih dari satu pengaturan Accessibility Shortcuts, silakan pilih AssitiveTouch dari menu yang tampil ya!


Baca Juga:


3. Control Center di iOS 11

Khusus untuk cara ketiga, hanya dapat digunakan oleh pengguna iOS 11 saja. Tutorial ini menggunakan fitur baru di Control Center yaitu kustomisasi tombol yang tersedia di Control Center, salah satunya adalah Accessibility Shortcuts. Langkah pertama untuk dapat menggunakan tutorial ini adalah aktifkan AssitiveTouch di bagian Accessibility Shortcuts (pembahasan di bagian kedua).

Setelah itu masuk ke Settings – Control Center – Customize Controls. Silakan aktifkan tombol Accessibility Shortcuts dan langsung coba. Yaitu dengan cara swipe dari bawah ke atas untuk memanggl Control Center di iPhone dengan iOS 11 lalu tekan Accessibility Shortcut. Pilih AssitiveTouch jika kamu juga mengaktifkan fitur lainnya di bagian tersebut ya.

Apakah Kamu Sering Menggunakan AssitiveTouch?

Saya pribadi sangat jarang untuk menggunakan AssitiveTouch di perangkat iPhone 7 Plus dan juga iPad. Karena proses menekan Home Button di iPhone dan swipe multi-touch di iPad masih menjadi cara paling nyaman untuk memanggil fitur App Switcher atau mungkin beberapa hal lainnya. Saya hanya sering menggunakan AssitiveTouch untuk 3D Touch Gesture dalam hal mengambil screenshot atau kini di iOS 11 sebagai pengganti fitur 3D Touch App Switcher.

Bagaimana dengan kamu? Sering menggunakan AssitiveTouch? Bagikan di kolom komentar ya!

Thanks, unappologetic!


(iOS 11) Cara Restart dan Shut Down Tanpa Menekan Tombol


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest