Follow Us

Kata Apple Soal Desakan FCC untuk Aktifkan Chip Radio FM di iPhone

Andri Alfansyah - Jumat, 29 September 2017 | 10:39
Kata Apple Soal Desakan FCC untuk Aktifkan Chip Radio FM di iPhone

Apple merilis pernyataan resmi terkait desakan Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) untuk mengaktifkan chip radio FM di iPhone karena dinilai dapat memberikan informasi penyelamatan jiwa warga AS saat terjadi bencana alam.

Seperti dikutip Reuters, Apple mengatakan ponsel pintar generasi baru besutannya, seperti iPhone 7 dan iPhone 8, tidak dilengkapi dengan chip radio FM di dalamnya atau pun antena untuk mendukung sinyal FM tersebut.

iPhone 7 and iPhone 8 models do not have FM radio chips in them no do they have antennas designed to support FM signals, so it is not possible to enable FM reception these products.

Sebagai solusi dari tidak adanya chip radio FM di iPhone, Apple mengatakan sudah membuat solusi keamanan yang modern di produk-produknya. Yaitu, pengguna bisa menghubungi layanan darurat dan mengakses informasi kartu kesehatan (Medical ID) langsung dari Lockscreen. Selain itu, iPhone bakal mengaktifkan notifikasi darurat dari pemerintah, seperti Weather Advisories dan AMBER.


Baca juga:


FCC sendiri mendesak Apple untuk mengaktifkan chip radio FM pada Kamis kemarin. Namun desakan tersebut bukan yang pertama. Mereka sebelumnya sudah melakukannya pada awal tahun ini.

Chairman FCC Ajit Pai mengatakan bahwa Apple adalah satu-satunya vendor besar smartphone yang belum mengaktifkan chip radio FM. Dia berharap Apple mempertimbangkannya karena kerusakan disebabkan sejumlah badai yang belum lama ini terjadi sangat besar.

Contohnya bencana alam yang terjadi di Puerto Rico, FCC menyebutkan lebih dari 90 persen jaringan operator lumpuh. Bahkan badai serupa yang melanda Virgin Island, AS, melumpuhkan dua pertiga jaringan operator.

[source site_name = “Reuters” site_url = “http://www.reuters.com/article/us-usa-fcc-apple/fcc-says-apple-should-activate-iphones-fm-radio-chip-but-newer-phones-dont-have-idUSKCN1C328C?feedType=RSS&feedName=technologyNews”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest