Follow Us

Toshiba Resmi Jual Unit Bisnis Chip Memori kepada Bain Capital-Apple

Andri Alfansyah - Jumat, 29 September 2017 | 13:50
Toshiba Resmi Jual Unit Bisnis Chip Memori kepada Bain Capital-Apple

Unit bisnis chip memori NAND milik perusahaan elektronik asal Jepang, Toshiba, dipastikan jadi milik konsorsium yang dibentuk Bain Capital LP di mana Apple termasuk salah satu perusahaan yang bergabung di dalamnya.

Informasi terbaru dari Reuters menyebutkan, Toshiba akhirnya menerima tawaran Bain Capital LP untuk membeli unit bisnis chip memori NAND miliknya dengan nilai fantastiss mencapai 2 juta triliun yen atau $18 milyar.

Dalam kesepakatan, Toshiba dilaporkan memegang 40,2 persen hak suara dan Hoya 9,9 persen hak suara. Sedangkan empat perusahaan AS termasuk Apple tidak diberikan hak suara. Oleh karena itu, Apple menginginkan jaminan pasokan sebelum akuisisi sukses dilakukan.

Penandatangan kesepakatan antara Toshiba dan Bain Capital LP sendiri sempat ditunda pekan lalu. Pasalnya, salah satu anggota yaitu Apple meminta perjanjian baru terkait pasokan chip memori NAND buat produk-produknya.


Baca juga:


Namun kemarin, Apple akhirnya menyetujui kesepakatan dengan Bain Capital LP untuk mengakuisisi unit bisnis chip memori NAND milik Toshiba. Meski begitu, tidak diketahui berapa besar bagian dana yang dikeluarkan Apple untuk hal tersebut.

Selain Apple, perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam konsorsium yang dibentuk Bain Capital LP yang tertarik dengan unit bisnis chip memori Toshiba di antaranya adalah SK Hynix, Dell, Seagate Technology Plc, Kingston Technology, dan lainnya.

Akuisisi unit bisnis chip memori NAND Toshiba bukan tanpa hambatan. Produsen HDD terkemuka Western Digital yang menjalin kerja sama dengan Toshiba sejak tahun 2000 kabarnya berencana mengambil langkah hukum untuk menolak akuisisi.

[source site_name = “Reuters” site_url = “http://www.reuters.com/article/us-toshiba-accounting/toshiba-18-billion-sale-of-chip-unit-signed-but-discord-emerges-immediately-idUSKCN1C30P1”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest