Follow Us

Sejumlah iPhone 8 Plus Mengalami Isu Baterai Splitgate

Andri Alfansyah - Senin, 02 Oktober 2017 | 10:16
Sejumlah iPhone 8 Plus Mengalami Isu Baterai Splitgate

iPhone 8 Plus yang belum lama ini diluncurkan Apple mendatangkan isu baru yang disebut dengan “Splitgate”. Splitgate adalah kondisi di mana baterai menggelembung hingga menyebabkan bodi iPhone terbuka atau terpisah seakan-akan mau meledak.

Kejadian pertama tersebut menimpa iPhone 8 Plus 64GB Rose Gold (Gold) milik Ms. Wu yang berasal dari Taiwan. iPhone baru tersebut baru dibelinya secara kontrak dengan operator setempat lima hari lalu hingga isu tersebut muncul.

Sebagaimana dilaporkan media lokal (via The Next Web, kejadian terjadi saat Ms. Wu mengisi baterai dengan menggunakan kabel dan adaptor bawaan. Selang tiga menit, dia melihat layar iPhone 8 Plus miliknya mulai terangkat hingga copot seluruhnya dari bodi.

Pihak operator dilaporkan sudah menangani iPhone 8 Plus yang mengalami Splitgate milik Ms. Wu. Mereka juga sudah mengirimkan unit iPhone tersebut ke fasilitas Apple untuk diperiksa.

Tampaknya kejadian Splitgate tidak saja terjadi pada satu orang pengguna saja. Kejadian serupa juga dilaporkan terjadi pada iPhone 8 Plus baru milik seorang pengguna di Jepang. Namun sedikit beda dari pengguna asal Taiwan, si pengguna di Jepang mengatakan menerima iPhone 8 Plus pesanannya di rumah dalam keadaan layar sudah terlepas dari bodi.

Penyebab isu ini sendiri saat ini belum jelas. Namun disinyalir penyebabnya adalah komponen baterai. Meski tidak ada konfirmasi, baterai tersebut rumornya dibuat oleh Amperex Technology Limited (ATL) yang pernah memasok baterai Galaxy Note 7.

Baterai buatan ATL seperti diketahui yang menyebabkan banyak Galaxy Note 7 meledak hingga merugikan Samsung. Karena kejadian tersebut, perusahaan raksasa elektronik Korsel tersebut terpaksa menghentikan produksi dan menarik Galaxy Note 7 besar-besaran dari pasaran.

Namun lebih beruntung dari Galaxy Note 7, kejadian ini tidak sampai membuat iPhone 8 Plus meledak dan melukai penggunanya. Apple sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi soal ini dan kami akan mengabarkan jika ada update terbaru.

[source site_name = “The Next Web” site_url = “https://thenextweb.com/apple/2017/09/29/iphone-8-plus-reportedly-cracked-open-mid-charge-probably-due-battery/”][/source]

Source : MakeMac.com

Editor : Andri Alfansyah

Latest