Follow Us

Apple Siap Bikin Chip Prosesor buat MacBook & Chip Modem buat iPhone

Andri Alfansyah - Senin, 02 Oktober 2017 | 14:03
Apple Siap Bikin Chip Prosesor buat MacBook & Chip Modem buat iPhone

Dalam rencananya untuk mengurangi ketergantungan kepada para supplier, Apple dikabarkan tertarik untuk mengembangkan beragam macam chip tidak hanya diperuntukan buat iPhone tapi juga lini komputer jinjing MacBook.

Sebagaimana diberitakan Nikkei Asian Review, Apple berencana mengembangkan chip prosesor berbasis teknologi ARM untuk MacBook, chip modem buat iPhone, dan chip untuk mengintegrasikan sentuhan, pemindai sidik jari, dan driver layar.

Industry sources and analysts suggest that Apple is keen to expand its semiconductor capabilities further. They say the company is interested in building core processors for notebooks, modem chips for iPhones, and a chip that integrates touch, fingerprint and display driver functions.

Sebagai persiapan untuk hal tersebut, Apple dilaporkan sudah merekrut sejumlah insinyur dari perusahaan pembuat chip asal Taiwan. Seperti Novatak yang memproduksi chip driver layar; dan AU Optronics yang memproduksi panel.


Baca juga:


Meski begitu, proyek pengembangan chip-chip sendiri memerlukan waktu yang tidak sebentar. Apple diperkirakan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun dan setidaknya harus memiliki 1.000 insinyur untuk bisa melakukan.

Menurut data yang dirilis IC Insights, Apple tercatat sebagai perancang chip terbesar keempat di dunia dalam hal pendapatan pada akhir 2016 lalu setelah Qualcomm, Broadcom, dan MediaTek.

Pendapatan Apple dalam pengembangan chip diprediksi bakal mengalami kenaikan. Hal ini menyusul mereka sudah baru-baru ini masuk konsorsium bentukan Bain Capital yang berhasil mengakuisisi unit usaha chip memori NAND milik Toshiba senilai $18 milyar.

Selain itu, Apple juga sebelumnya berencana mengembangkan chip GPU sendiri setelah mereka memutuskan tidak lagi mengadopsi chip GPU dari Imagination Technologies. Bahkan mereka merekrut sejumlah pegawai dari perusahaan asal Inggris tersebut.

[source site_name = “Nikkei Asian Review” site_url = “https://asia.nikkei.com/Business/Companies/Apple-A-semiconductor-superpower-in-the-making?page=2”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest