Follow Us

5 Fitur Baru di Safari iOS 11 untuk Perangkat iPhone, iPad

Bagus Hernawan - Kamis, 05 Oktober 2017 | 17:06
5 Fitur Baru di Safari iOS 11 untuk Perangkat iPhone, iPad

Update Safari di iOS 11 ternyata punya banyak fitur baru yang dapat kamu gunakan baik di perangkat iPhone, iPad dan juga iPod Touch. Beberapa beberapa diantarnya dapat dilihat secara langsung sedangkan sisanya berupa fitur baru yang bekerja di belakang layar. Berikut ini 5 fitur baru di Safari untuk perangkat iOS 11:

1. Cross Site Tracking

Cross Site Tracking adalah pengaturan baru di Safari iOS 11. Fitur ini berguna untuk menambah privasi pengguna dari beragam layanan iklan di webstite yang sebelumnya dapat mempelajari kebiasaan kamu dalam hal akses web. Wajib dicatat, fitur ini tidak berarti akan menghalau tampilan iklan dari sebuah website ya, namun berguna untuk mencegah iklan dengan target pengguna. Untuk menggunakan fitur ini, silakan masuk ke Settings – Safari – Prevent Cross-Site Tracking.

2. Scrolling Lebih Cepat dan Halus

Masih ingat catatan dari Apple untuk memperbaiki mode scrolling di Safari? Janji ini akhirnya ditepati Apple dengan memberikan update pada WebKit yang mendukung mode scrolling secara lebih halus dan lancar. Kini kamu bisa menggunakan lebih sedikit mode swipe dari atas ke bawah atau sebaliknya pada halaman website yang panjang. Untuk mode ini, pengguna tidak perlu melakukan pengaturan apapun, cukup update ke iOS 11 lalu buka Safari dan selamat menikmati scroll lebih lancar dan cepat.

3. Mode Senyap untuk Semua Video

Fitur baru berikutnya adalah tampilan video di Safari yang selalu dimulai dengan mode senyap atau mute. Kamu tidak perlu repot mengecilkan suara terlebih dahulu jika ingin memutar video di tengah kesibukan kerja atau ruangan yang ramai. Silakan langsung tekan play dan tombol unmute untuk membuat video kamu diputar dengan suara. Nantinya jika kamu mengganti tab Safari dan menemukan video lagi di halaman tersebut, mode mute akan kembali diberikan demi menjaga privasi pengguna dan kenyamanan saat menggunakan Safari.


Baca Juga:


4. Membuka Tautan dengan 2 Sentuhan di Layar

Sering menggunakan fitur Open in New Tab di Safari untuk perangkat iOS, dengan cara tekan dan tahan sebuah tautan lalu menekan tombol yang hadir di layar? Lupakan cara lama tersebut jika kamu sudah menggunakan iOS 11! Cukup sentuh teks dengan tautan yang ingin kamu buka, dengan 2 jari sekaligus. Mode ini akan mempersingkat penggunaan fitur Open in New Tab dan dapat bekerja di iPhone maupun iPad.

5. Automatic Reader View

Reader View atau tampilan untuk membaca dengan fokus pada gambar, video dan teks tanpa terganggu iklan dan elemen lainnya, punya peningkatan menarik di iOS 11. Yaitu mode otomatis alias selalu menggunakan Reader View untuk masuk ke sebuah website atau semua web yang kamu gunakan. Cara menggunakan fitur ini juga sangat mudah. Silakan tekan dan tahan tombol Reader View di kiri atas bagian Address Bar dan pilih opsi yang tampil. Yaitu gunakan Reader View untuk website tersebut saja atau gunakan Reader View setiap saat saat membuka semua website.

Fitur Baru Favorit Kamu?

Dari daftar di atas, mana saja fitur baru yang sudah kamu coba di Safari iOS 11 dan menjadi fitur favorit? Saya pribadi sangat menyukai mode double tap untuk membuka tautan di tab berikutnya. Scrolling yang lebih lancar juga membuat saya lebih betah membaca artikel yang panjang dari sebuah website kapan saja saat diperlukan. Bagaimana dengan kamu? Bagikan di kolom komentar ya!


Review iOS 11: Tampilan Cantik dan Fitur Lebih Produktif


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest