Follow Us

Bukti Baru Apple Bakal Segera Buka Toko Ritel di India

Andri Alfansyah - Jumat, 06 Oktober 2017 | 16:11
Bukti Baru Apple Bakal Segera Buka Toko Ritel di India

Pemerintah India sepertinya tidak akan lama lagi memberikan lampu hijau kepada Apple untuk segera bisa membuka toko ritel pertamanya di India yang merupakan salah satu pasar terbesarnya setelah AS dan Tiongkok.

Sebagaimana dilaporkan Reuters, Apple kemungkinan bakal mendapatkan izin untuk hal tersebut menyusul pemerintah India baru-baru ini memberikan izin kepada vendor smartphone asal Tiongkok, Oppo, untuk membuka tokonya di India.

India has given Chinese smartphone maker Oppo the go-ahead to open its own single-brand retail stores, boding well for rivals like Apple, which are seeking similar approvals.

Apple sendiri dikabarkan sudah meminta sejumlah keringan pajak dari pemerintah India sebagai bagian dari sudah dimulainya produksi iPhone secara lokal di India. Sumber yang sama melaporkan bahwa pemerintah India sedang mempertimbangkan hal tersebut.

Kabar soal keinginan Apple untuk membuka toko ritel pertamanya di India bukan sekadar wacana. Hal ini sudah berdengung cukup lama. Pemerintah India tampal mengulur-ulur waktu sementara Apple sudah mulai memproduksi iPhone secara lokal dan membangun pusat pengembangan aplikasi iOS di sana.


Baca juga:


Namun tampaknya hal tersebut belum cukup, mengingat pemerintah India mewajibkan perusahaan-perusahaan termasuk Apple yang ingin berbisnis di India wajib menggunakan bahan baku lokal sebanyak 30 persen.

Meski kemungkinan izin untuk membangun toko ritel pertamanya di India bakal dikeluarkan pemerintahnya, belum diketahui pasti kapan Apple bisa mulai menjual iPhone melalui tokonya langsung di Negeri Bollywood tersebut. Saat ini, Apple menjual produk-produknya melalui toko elektronik pihak ketiga.

[source site_name = “Reuters” site_url = “http://www.reuters.com/article/us-india-apple/indian-government-considering-exemptions-sought-by-apple-official-idUSKBN1CA0J3?feedType=RSS&feedName=technologyNews&utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+reuters%2FtechnologyNews+%28Reuters+Technology+News%29”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest