Follow Us

Twitterrific 5 for Mac: Tampilan Baru, Ringkas dan Mode Edit Tweet

Bagus Hernawan - Kamis, 12 Oktober 2017 | 15:47
Twitterrific 5 for Mac: Tampilan Baru, Ringkas dan Mode Edit Tweet

Twitterific 5 adalah aplikasi akses akun Twitter di komputer Mac yang baru saja rilis setelah “tidur panjang” selama 4 tahun. Ya, tim pengembang Icon Factory akhirnya merilis update untuk aplikasi akses Twitter perdana buatan mereka. Apa saja fitur yang diberikan dan hal menarik yang di Twitterific 5? Simak info lengkap dari tim MakeMac ya!

Cerita Panjang di Balik Twitterific 5

Twitterific bisa dibilang punya sejarah penting untuk pengguna Twitter di dunia. Aplikasi Twitterific for Mac rilis sekitar 6 bulan setelah kehadiran sosial media Twitter. Beberapa waktu setelah itu, Apple mengenalkan iPhone kepada pengguna di dunia pada tahun 2007. Tim pengembang Icon Factory tidak ingin kehilangan kesempatan, akhirnya mereka membuat Twitterific for iOS sebagai pendamping layanan serupa di Mac.

Hingga pada akhirnya perkembangan teknologi di iOS menjadi hal yang lebih menarik selama beberapa tahun belakangan, membuat Twitterific 5 ditinggalkan selama dan tanpa update apapun. Alasannya sederhana, kebutuhan untuk membuat tim pengembang khusus untuk Twitterific 5 for Mac yang terbatas dengan dana dan waktu yang ada.

Akhirnya Icon Factory punya jalan keluar yang cukup unik yaitu menggalang dana lewat Kickstarter dengan kebutuhan minimal $75.000 untuk membangun Twitterific 5 di Mac. Secara mengejutkan, mereka berhasil mendapatkan angka tersebut secara singkat dan bahkan lebih – hingga total $108,346 dari para penggemar aplikasinya selama 10 tahun. Kini kamu bisa membeli Twitterific 5 for Mac di App Store dengan harga $19.99. Berikut ini daftar hal menarik dari harga yang tidak murah untuk Twitterific 5 for Mac:

Tampilan dan Daftar Fitur

Di Twitterific 5 for Mac, kamu akan menjumpai timeline Twitter dengan desain yang kompak, ringkas dan penuh pengaturan tampilan yang dapat disesuaikan lewat mode Preferences. Mulai dari tema warna gelap dan terang, ukuran font, jenis font yang digunakan, pengaturan multi akun, koneksi ke Twitterific for iOS lewat iCloud dan beragam hal lainnya.

Kembali pada tampilan utama, tombol akses di Twitterific 5 punya posisi yang berbeda jika dibandingkan Twitter for Mac atau aplikasi pihak ketiga sejenisnya. Yaitu tab untuk Home, Mention, Likes, List dan Search yang ada di bagian atas. Untuk setiap Tweet yang kamu baca, atribut untuk memberikan interaksi seperti Reply, Quote, RT dan Likes ada di bagian bawah. Di sisi samping, kamu bisa menekan ikon Share Extension dan akses ke beberapa fitur tambahan. Seperti Translate, Coply Link, Copy Text dan juga Edit Tweet!

Mode Edit Tweet yang dimaksud oleh Twitterific 5 for Mac sebetulnya tidak sepenuhnya mengganti Tweet yang sudah kamu ketik dan bagikan. Namun berupa salin isi Tweet tersebut, hapus Tweet lama dan silakan tulis kembali. Semuanya dilakukan secara otomatis oleh Twitterific 5 sehingga terlihat seperti mode Edit.

Bagian menarik lainnya dari Twitterific 5 adalah fitur Shortcut yang diberikan. Kamu dapat menggunakan beragam shortcut yang telah disediakan dan juga bisa merekam shortcut sendiri. Yaitu untuk fitur Hide and Show Window – bisa digunakan sebagai cara cepat untuk akses Twitterific 5 kapan saja saat kamu butuhkan.

Untuk kamu yang lebih senang menggunakan Twitter dengan beberapa jendela aplikasi, Twitterific 5 adalah pilihan yang tepat. Misalkan kamu ingin memantau sebuah Thread dari Tweet yang terus berlanjut, menggunakan Twitterific 5 sekaligus untuk 2 akun berbeda di beberapa kolom dan juga mode Split View di macOS yang mendukung.

Halaman Selanjutnya

Baca Juga:
1 2

Editor : MakeMac

Latest