Follow Us

(Video) Bug Berbahaya di iOS 11, Pengguna Bisa Akses Foto tanpa Passcode

Andri Alfansyah - Rabu, 18 Oktober 2017 | 18:24
(Video) Bug Berbahaya di iOS 11, Pengguna Bisa Akses Foto tanpa Passcode

Passcode adalah fitur keamanan yang dibikin Apple untuk mengamankan perangkat iOS dari diketahui orang-orang yang tidak berkepentingan. Namun sebuah bug yang ditemukan di iOS 11 memungkinkan kamu untuk mengakses foto dengan mudah tanpa menggunakan Passcode saat perangkat dalam keadaan terkunci sekalipun.

Bug tersebut ditemukan pemilik akun iDeviceHelp. Dalam video yang diunggah di kanalnya di YouTube, dia menjelaskan bug tersebut muncul di perangkat iOS apapun yang menjalankan iOS 11, termasuk iOS 11 beta 1 dan 2 buat pengembang terdaftar.

Untuk bisa mengakses foto di iPhone dalam keadaan terkunci dengan Passcode, kamu tidak bisa menggunakan satu perangkat saja. Dalam demonya, iDeviceHelp menggunakan iPhone kedua untuk dijadikan sebagai target.

Metodenya sendiri cukup mudah. Kamu hanya perlu menelepon nomor telepon yang sudah kamu ketahui di iPhone target. Berikutnya adalah memilih opsi pesan (Message) secara kustom begitu ada telepon yang masuk.

Adapun pesan yang harus kamu kirimkan adalah berupa tiga karakter Emoji apapun yang dihendaki. Setelah itu, minta Siri untuk membuka suatu aplikasi, contohnya Settings. Namun untuk mengaksesnya, Siri bakal meminta kamu untuk membuka layar dengan Touch ID.

Kemudian kunci layar iPhone target dan lakukan panggilan telepon di iPhone pertama. Seperti cara sebelumnya, pilih kembali opsi Message untuk menjawabnya dan kamu bakal dibawa ke layar pesan yang sama di mana kamu sudah mengetik tiga karakter Emoji tadi. Di sana, kamu bisa mengakses foto di iPhone dengan memilih ikon kamera melalui tanda panah.

Bukan hanya foto, iDeviceHelp mengatakan bug tersebut juga memungkinkan orang lain bisa mengakses informasi lainnya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memencet tombol Home dua kali. Selengkapnya mengenai langkah-langkah untuk mengakses foto di iPhone yang dilindungi dengan Passcode bisa simak dalam video berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Bug ini tergolong sangat berbahaya karena orang lain bisa mengakses foto di iPhone dengan mudah. Namun untungnya, iDeviceHelp mengatakan sudah menghubungi Apple terkait bug tersebut sebelum dia membuat video tentang bagaimana mengakses foto tanpa Passcode ini.

Semoga Apple segera memperbaiki bug ini dalam update iOS 11 berikutnya. Menurut rencana, mereka bakal segera merilis iOS 11.1 dengan ratusan Emoji baru, baliknya mode Multitasking via 3D Touch, serta lainnya. Diharapkan, perbaikan termasuk dalam update iOS tersebut.

[source site_name = “IDeviceHelp – YouTube” site_url = “https://www.youtube.com/watch?v=UuACukwj1yk”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest