Follow Us

Chip Broadcom Jadi Bukti iPhone 8 Terintegrasi dengan Radio FM

Andri Alfansyah - Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:36
Chip Broadcom Jadi Bukti iPhone 8 Terintegrasi dengan Radio FM

Ternyata tidak sedikit pihak mendesak Apple untuk mengaktifkan chip radio FM dan antena di perangkat iPhone karena diperlukan untuk membantu penanganan bencana. Setelah Federal Communication Commission (FCC), kini National Association of Broadcasters (NAB) di melontarkan desakan serupa.

Sebagaimana dilansir MacRumors, NAB dalam blog resminya meminta Apple untuk mempertimbangkan untuk menambahkan fungsionalitas radio FM di perangkat iPhone sepertinya halnya di lini iPod Nano. Karena hal itu dinilai sangat penting sebagai cara bagi pengguna untuk mendapatkan informasi atau peringatan saat bencana terjadi.

NAB menyebutkan, setidaknya ada 10 badai berbeda terjadi di AS sejak 1969. Mereka juga siap untuk membantu Apple agar layanan radio FM ini bisa diaktifkan di perangkat iPhone di masa mendatang.

Apple has built and offered a wonderful FM app in their iPod Nano for many years. They know how to make FM work, and work well, in their mobile devices. Apple even wrote its own Nano app that allows the user to pause live radio and buffer up to 15 minutes of content.

However, Apple has specifically chosen not to offer this functionality in their iPhone. Indeed, Apple has disabled FM chips despite the capability being available on the communications module within the iPhone. This means other app developers cannot offer FM apps either.

Tidak hanya itu, mereka juga menyatakan ragu dengan pernyataan Apple soal tidak adanya chip radio FM dam antena untuk mendukung sinyal FM di iPhone 8. Mereka menemukan bukti dari sejumlah pembedahan dari iFixit dan lainnya bahwa iPhone 8 menggunakan chip buatan Broadcom yang sudah terintegrasi dengan core FM radio.

They have admitted as much for all phones through the iPhone 6 series, at which point they claim FM capability was removed from the 7 series and 8 series. Yet, tear-down reports indicate the iPhone 8 contains the same 4357 chip family, which manufacturer Broadcom clearly states includes an integrated FM radio core.


Baca juga:


Sebelumnya, FCC beberapa kali mendesak Apple untuk mengaktfikan chip radio FM di iPhone. Namun Apple menyatakan bahwa iPhone 7 dan iPhone 8 tidak dilengkapi dengan chip radio FM atau pun antena yang mendukung sinyal FM untuk membantu korban bencana.

Meski begitu, Apple sudah menghadirkan sejumlah solusi yang lebih modern. Yaitu, pengguna bisa menghubungi layanan darurat dan mengakses informasi kartu kesehatan (Medical ID) langsung dari Lockscreen. Selain itu, iPhone bakal mengaktifkan notifikasi darurat dari pemerintah, seperti Weather Advisories dan AMBER, saat terjadi bencana.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/10/18/nab-urges-apple-to-add-fm-radio-to-iphone/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest