Follow Us

Apple dan GE Kerja Sama Kembangkan Aplikasi iOS buat Industri

Andri Alfansyah - Kamis, 19 Oktober 2017 | 16:29
Apple dan GE Kerja Sama Kembangkan Aplikasi iOS buat Industri

Apple mengumumkan sudah menjalin kemitraan dengan General Electric (GE) untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi iOS yang menggunakan basis data prediktif dan analitik dari Predix, platform Internet of Things (Iot) bikinan GE, buat industri.

Dikutip dalam laman Newsroom, CEO Apple Tim Cook menyebut GE sebagai mitra ideal yang memiliki sejarah kaya akan inovasi di banyak bidang industri dan mereka siap mengubah dunia industri dengan teknologi dan produk-produknya.

“GE is an ideal partner with a rich history of innovation across the industrial world in areas like aviation, manufacturing, healthcare and energy,” said Tim Cook, Apple’s CEO. “Together, Apple and GE are fundamentally changing how the industrial world works by combining GE’s Predix platform with the power and simplicity of iPhone and iPad.”

Melalui kerja sama itu, Apple dan GE berencana merilis Software Development Kit (SDK) Predix buat iOS pada Kamis, 26 Oktober mendatang. Dengan SDK tersebut, para pengembang diberi kesempatan untuk berkreasi menciptakan aplikasi menarik yang mendukung platform IoT.

Apple menjelaskan bahwa aplikasi-aplikasi yang menggunakan data prediktif dan analitik dari Predix memungkinkan operator industri mendapatkan wawasan dan visibiltas lebih banyak mengenai kinerja perlengkapan dan operasinya langsung dari iPhone dan iPad.

Contohnya, aplikasi Predix bisa memberi tahu pekerja langsung dari iPhone soal isu potensial dengan peralatan, macam turbin angin, memungkinkan berkolaborasi secara jarak jauh dengan tim kapan harus melakukan inspeksi dan perbaikan, dan mengumpulkan data yang relevan dengan cepat.


Baca juga:


Bagi industri kehadiran aplikasi berbasis teknologi Predix bakal menutup putaran informasi. Pada akhirnya meningkatkan penghematan biaya dan meminimalisir waktu penghentian operasional mesin.

GE juga berencana mengembangkan aplikasi iOS berbasis Predix tidak hanya untuk kepentingan internal perusahaan tapi juga untuk para konsumennya. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan pekerja untuk meningkatkan kinerja dan membantu operasional perusahaan lebih efisien.

Kerja sama Apple dengan GE menandai kerja sama untuk kesekian kalinya dengan perusahaan besar. Sebelumnya pada 2014 lalu, mereka juga menjalin kerja sama dengan IBM dalam mengembangkan apliksi-aplikasi iOS buat korporasi.

[source site_name = “Apple” site_url = “https://www.apple.com/newsroom/2017/10/apple-and-ge-partner-to-bring-predix-industrial-apps-to-iphone-and-ipad/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest