Follow Us

Perang Paten Belum Usai, Apple & Samsung Siap Bertemu kembali di Pengadilan

Andri Alfansyah - Selasa, 24 Oktober 2017 | 14:43
Perang Paten Belum Usai, Apple & Samsung Siap Bertemu kembali di Pengadilan

Perang paten antara Apple dan Samsung terkait desain iPhone ternyata masih belum ada ujungnya selama lima tahun terakhir ini. Kedua perusahaan raksasa elektronik asal AS dan Korsel tersebut dijadwalkan bakal kembali bertemu di persidangan terbaru.

Seperti dilansir CNET, hakim pengadilan Distrik Lucy Koh menandatangani surat perintah baru yang meminta Apple dan Samsung untuk bertemu di pengadilan untuk menentukan berapa jumlah denda yang mesti dibayarkan Samsung terkait paten iPhone yang dilanggarnya.

Menurut rencana, hakim bakal mengadakan pertemuan pada 25 Oktober mengenai jadwal sidang. Pada saat itu, baik Apple dan Samsung harus mengajukan rencana memajukan jadwal sidang untuk kasus tersebut.

Koh said the plaintiff, Apple, “shall bear the burden of persuasion on identifying the relevant article of manufacture and proving the amount of total profit on the sale of that article.”

Koh said in a separate ruling that a case management meeting set for Oct. 25 will still be held and that both Apple and Samsung must file plans “advancing the case schedule and trial date” by that point.

Samsung menyebut bahwa sidang baru merupakan kesempatan bersejarah untuk menentukan bagaimana pedoman Mahkamah Agung AS mengenai kerugian paten desain akan diterapkan dalam kasus mereka dan kasus-kasus di masa mendatang. Sedang Apple belum mengeluarkan pernyataan soal ini.


Baca juga:


Dipertemukannya Apple dan Samsung di pengadilan hadir menyusul putusan yang dikeluarkan Mahkamah Agung AS setahun lalu. Dalam putusan itu, kerugian yang diderita Apple disebutkan harus didasarkan pada bagian yang dilanggar, bukan pada semua keseluruhan produk.

Denda yang harus dibayarkan Samsung karena melanggar paten desain iPhone sendiri terus mengalami pengurangan. Dari awalnya sebesar $1 miliar menjadi $548 juta. Hingga yang terakhir sebesar $339 juta. Namun tetap saja, Samsung mengajukan banding karena jumlah denda dinilai masih terlalu tinggi.

[source site_name = “CNET” site_url = “https://www.cnet.com/news/apple-samsung-patent-infringement-trial-judge-koh-damages-retrial/#ftag=CAD590a51e”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest