Follow Us

Tinggalkan Qualcomm, Apple Siap Kembangkan iPhone Baru Pakai Chip dari Intel & MediaTek

Andri Alfansyah - Selasa, 31 Oktober 2017 | 14:17
Tinggalkan Qualcomm, Apple Siap Kembangkan iPhone Baru Pakai Chip dari Intel & MediaTek

Qualcomm sepertinya benar-benar bakal kehilangan konsumen terbesarnya yaitu Apple. Pasalnya, perusahaan yang digawangi Tim Cook itu dikabarkan berencana mengembangkan iPhone dan iPad baru yang sama-sama sekali tidak mengadopsi chip dari Qualcomm.

Laporan terbaru dari Wall Street Journal (via 9to5Mac) menyebutkan Apple sedang dalam penyelidikan untuk mengembangkan iPhone dan iPad yang hanya bakal mengadopsi chip-chip modem buatan Intel dan Mediatek. Kabar ini menyusul Qualcomm menahan chip-chip buatan untuk diujikan di prototipe perangkat-perangkat iOS.

Dalam laporan tersebut, Qualcomm disebutkan sudah menyetop membagikan software untuk keperluan pengujian tidak lama setelah Apple mengajukan tuntutan hukum terhadap mereka soal praktek monopoli pembayaran royalti paten pada awal tahun ini.

Meskipun demikian, rencana Apple ini kemungkinan bisa berubah karena rencananya masih dalam tahap awal. Dengan kata lain, Apple belum mengambil keputusan final seperti apa seiring kasus tuntutan hukum masih dalam proses di pengadilan.

Adapun alasan Apple untuk memilih MediaTek menjadi pemasok kedua komponen chip modem buat iPhone dan iPad di masa mendatang adalah untuk memudahkan proses negosiasi soal pembayaran royalti paten.


Baca juga:


Sebenarnya, Apple sendiri masih menggunakan chip-chip modem buatan Qualcomm di sebagian model iPhone 7 dan iPhone tahun ini. Sebagian chip modem dipasok dari Intel. Jika perang paten antara Apple dan Qualcomm semakin memanas, tidak menutup kemungkinan Apple bakal beralih sepenuhnya kepada Intel dan MediaTek.

Qualcomm di sisi lain sudah mengajukan tuntutan hukum terhadap Apple di AS dan Beijing. Dalam tuntutannya di pengadilan Beijing, mereka meminta pelarangan produksi dan penjualan iPhone karena Apple dituduh melanggar sejumlah paten miliknya. Apple menyatakan siap mengajukan banding.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/10/30/iphone-ipad-without-qualcomm/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest