Follow Us

Review Apple Watch Series 3: Baterai Tahan Lama dan Kinerja Lebih Cepat

Fauzan Alfi - Jumat, 10 November 2017 | 18:15
Review Apple Watch Series 3: Baterai Tahan Lama dan Kinerja Lebih Cepat

Apple kembali meneruskan lini Apple Watch dengan memperkenalkan Series 3 pada Apple Event September lalu di Steve Jobs Theater, Apple Park — California dan resmi dirilis ke pasar selang 2 minggu kemudian serta 3 minggu kemudian untuk Apple Watch Nike. Hingga saat ini, Apple masih memimpin pasar wearable device di seluruh dunia dengan marketshare dan bahkan mengungguli Fitbit.

Walaupun begitu, masih pantaskah Apple Watch Series 3 untuk dimiliki oleh para pengguna perangkat Apple? Hanya masih menjadi aksesoris belaka atau dapat menjadi perangkat yang tak bisa lepas dalam keseharian kita?

Hadir Dengan Pilihan Fitur Seluler

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Apple Watch Series 3 hadir dengan dua macam: GPS dan GPS + seluler. Secara kosmetik, tipe seluler hanya dibedakan dengan dot warna merah pada Digital Crown. Harganya antara keduanya pun tentu berbeda. Di pasar Amerika Serikat sendiri, Apple Watch Series 3 dengan koneksi selular dijual seharga USD399 alias USD70 lebih tinggi dari tipe tanpa seluler. Dalam ulasan kali ini, saya menggunakan Apple Watch Series 3 Nike tanpa seluler karena untuk menggunakan fitur seluler pada Series 3, dibutuhkan dukungan dari operator seluler setempat.

Baik itu dengan atau tanpa koneksi seluler, Apple Watch Series 3 hadir dengan dual-core processor Apple S3 dan W2 wireless chip. Prosessor ini menghadirkan kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan Series 2, Series 1 dan sangat jauh lebih cepat dibandingkan dengan Apple Watch generasi pertama. Sebagai catatan, Apple Watch generasi pertama itu berbeda dengan Apple Watch Series 1.

Sensor yang disematkan di Series 3 pun bertambah dengan hadirnya sensor barometer altimeter, yang berguna untuk memantau aktivitas, mengukur ketinggian yang sudah didaki termasuk kegiatan outdoor. Satu hal tambahan: kini suara Siri dan suara tap tombol akan terdengar dari speaker Series 3. Ini lebih memudahkan Anda yang sering menggunakan Siri di Apple Watch tanpa harus melihat ke layar.

Desain Ikonik yang Serupa

Apple masih menghadirkan desain persegi dengan ujung melingkar yang sama pada Series 3 seperti Apple Watch Series 2 atau bahkan Apple Watch generasi pertama. Serupa dengan Series 2, Series 3 juga menghadirkan empat macam seri dengan material yang berbeda-beda: Apple Watch dengan casing aluminum dan stainless steel; Apple Watch Nike+ dengan casing aluminum; Apple Watch Hermes dengan casing aluminum dan Apple Watch Edition dengan casing keramik. Khusus untuk Apple Watch Edition, kini hadir dengan keramik berwarna space grey setelah sebelumnya hadir hanya berwarna putih susu.

Bagi Anda yang sebelumnya telah menggunakan Apple Watch generasi sebelumnya, aksesoris seperti case dan strap masih bisa digunakan di Series 3 untuk masing-masing ukuran: 38mm dan 42mm. Sedikit menyinggung pilihan ukuran, saya pribadi sebagai seorang pria memilih menggunakan ukuran 38mm daripada 42mm. Sebenarnya tidak ada aturan atau pengkhususan jika ukuran 38mm diperuntukkan hanya bagi wanita dan 42mm khusus untuk pria. Sebaiknya Anda mencoba dahulu demo unit Apple Watch yang tersedia di Apple Store atau Apple Reseller terdekat sebelum memutuskan Apple Watch ukuran mana yang akan Anda miliki.

Baca Juga:

Pengalaman Penggunaan Sehari-hari

Sudah sebulan saya menggunakan Apple Watch Series 3 setiap hari. Series 3 yang saya gunakan adalah model Nike dengan Nike Sport Band. Alasan saya memilih model ini cukup sederhana: Apple Watch Nike memiliki sport band berlubang yang memungkinkan kulit bernapas dan adanya watch face yang hanya tersedia di model Nike dengan harga yang sama seperti Apple Watch biasa.

Editor : Fauzan Alfi

Latest