Follow Us

Insinyur Apple dan Intel Kerjakan Modem 5G buat iPhone

Andri Alfansyah - Jumat, 17 November 2017 | 16:27
Insinyur Apple dan Intel Kerjakan Modem 5G buat iPhone

Dampak dari merenggangnya hubungan bisnis antara Apple dan Qualcomm akhirnya mulai terasa. Apple dikabarkan tidak bakal menggunakan modem 5G buatan Qualcomm buat iPhone generasi berikutnya di masa mendatang.

Pasalnya sebagaimana dilaporkan Fast Company, para insinyur Apple dan insinyur dari Intel sudah mulai mengerjakan modem 5G yang rencananya siap disematkan di iPhone generasi berikutnya tersebut. Dengan begitu, Apple bakal benar-benar menyingkirkan Qualcomm.

The iPhone maker’s engineers have been engaged with Intel counterparts for early work on 5G, the upcoming technology for next-generation wireless broadband, our source says, while dialog between Apple and the dominant modem supplier in the industry, Qualcomm, has been limited.

Intel sendiri mengumumkan modem 5G hasil pengembangannya di pameran CES 2017 lalu. Sekarang, mereka kabarnya sudah berhasil menyelesaikan uji coba panggilan 5G melalui pita 28GHz.

Modem 5G dari Intel disebutkan kalah maju dibandingkan modem 5G dari Qualcomm, yang menawarkan fitur khusus untuk operator, seperti Uplink Carrier Aggregation. Meski begitu, banyak operator jaringan tidak bakal mengadopsinya.

Sebaliknya, Apple menyakini teknologi Intel bakal memenuhi standar Apple untuk iPhone di masa depan. Apalagi Apple sudah mulai terlibat dalam pengembangannya. Jadi bukan tanpa alasan, Intel bakal menjadi satu-satunya pemasok modem 5G untuk iPhone nanti.


Baca juga:


Apple dan Intel dilaporkan mengembangkan modem 5G tersebut di fasilitas milik Intel. Tujuannya adalah modem generasi baru tersebut bisa terintegrasi dengan system-on-chip (SoC) yang di dalamnya ada CPU, GPU, dan komponen-komponen penting lain di iPhone. Apple rencananya bakal mulai mengadopsi modem 5G di iPhone mulai 2019/2020 mendatang.

Disingkirkannya Qualcomm dari daftar supplier modem Apple sudah bisa diprediksikan. Hal ini setelah keduanya saling melaporkan. Apple melaporkan Qualcomm sudah berbuat curang mengenai pembayaran royalti paten. Sedangkan Qualcomm menuding Apple sudah melanggar sejumlah paten miliknya.

Qualcomm dalam gugatannya meminta penjualan dan produksi iPhone dilarang. Sebagai respons, Apple sebelumnya dikabarkan mempertimbangkan untuk memasok modem dari Intel dan MediaTek.

[source site_name = “Fast Company” site_url = “https://www.fastcompany.com/40497639/source-apple-is-looking-to-intel-to-power-super-fast-5g-iphone”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest