Follow Us

Pengguna iOS 11 Mengalami Masalah Restart Berulang-Ulang

Bagus Hernawan - Sabtu, 02 Desember 2017 | 10:54
Pengguna iOS 11 Mengalami Masalah Restart Berulang-Ulang

Hari ini, Sabtu 2 Desember 2017 mendadak akun Twitter @MakeMac mendapatkan banyak pertanyaan dengan keluhan yang sama. Yaitu pengguna iPhone dan iPad dengan iOS 11.1.2 mengalami Respring (perangkat mendadak Restart dengan tampilan hitam dan logo loading berputar, setelah selesai diminta input Passcode Lock atau Touch ID). Ada sejumlah pengguna yang mengalami Respring setiap beberapa menit sekali dan ada yang hanya sekali saja dan tidak terjadi lagi.

Dikutip dari laman Reddit, ada beberapa analisa yang menyebabkan masalah tersebut terjadi.

Lots of people on iOS 11.1.2 and maybe other versions have been facing issues in the past 24 hours or so, suffering from reboots/bootloops after seconds or minutes of using their phone.

Salah satunya adalah masalah di pengaturan Timezone dan aplikasi Headspace jika kamu menginstalnya. Solusi sementara yang dapat dilakukan adalah melakuakn Force Restart jika salah satu dari 3 cara berikut ini tidak berhasil membereskan masalah tersebut:

  • Ganti timezone ke Honolulu atau mundurkan tanggal di bagian pengaturan hingga 1 minggu sebelum tanggal 2 Desember. Namun solusi ini bisa menyebabkan beberapa aplikasi yang memerlukan pengaturan waktu menjadi bermasalah alias hanya bersifat sementara.
  • Hapus aplikasi Headspace jika sebelumnya kamu sudah instal.
  • Matikan Background App Refresh dari Settings – General – Background App Refresh.
Baca Juga:

Saran lain yang dapat kamu lakukan adalah melakukan backup ke iTunes untuk menjamin semua data kamu sudah diamankan. Jika masalah ini membuat perangkat iOS menjadi lebih panas dari biasanya, silakan matikan untuk mencegah terjadi kerusakan perangkat atau data yang lebih parah.

Beberapa Sahabat MakeMac lainnya juga punya tips yang dapat kamu coba dan semoga berhasil memperbaiki masalah yang kamu alami. Yaitu Reset All Settings atau Restore via iTunes setelah selesai melakukan backup.

Editor : Bagus Hernawan

Latest