Follow Us

Manufaktur Apple Sepakati Lisensi untuk Produksi Lensa Kacamata AR

Andri Alfansyah - Selasa, 05 Desember 2017 | 13:16
Manufaktur Apple Sepakati Lisensi untuk Produksi Lensa Kacamata AR

Apple seperti diketahui berencana meluncurkan produk kacamata pintar yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR) di masa mendatang. Di tengah rencananya tersebut, manufaktur Apple dikabarkan sudah menjalin kerja sama untuk mulai membuat komponen utama yang dibutuhkan kacamata pintar AR.

Informasi baru dari Bloomberg menyebutkan, Quanta Computer sudah menyepakati lisensi untuk memproduksi lensa yang digunakan untuk kacamata pintar AR tersebut. Namun bukan untuk Apple, kacamata pintar tersebut diproduksi untuk perusahaan asal Israel, Lumus.

As part of the deal, Quanta will manufacture the lenses for Lumus and then have the option to produce the component for leading consumer technology companies, Lumus Chief Executive Officer Ari Grobman said.


Baca Juga: Pengembang Headset AR/VR Vrvana Resmi Jadi Milik Apple


Meskipun kesepakatan yang dibikin Quanta Computer adalah dengan perusahaan lain, hal tersebut mengindikasikan rencana Apple untuk memproduksi kacamata pintar AR bakal menjadi kenyataan di masa yang akan datang.

Sebelum perjanjian ini disepakati, Quanta Computer yang memproduksi MacBook dan Apple Watch sudah menanamkan modal $45 juta untuk Lumus pada akhir 2016 yang lalu. Kini kesepakatan berlanjut ke perjanjian lisensi untuk memproduksi lensa AR.


Baca Juga: Apple Kembangkan Headset AR untuk Rilis di 2020


Bos Lumus memandang kesepakatan tersebut bisa mengurangi harga komponen AR yang sebelumnya sangat mahal menjadi lebih murah. Harganya ditaksir lebih murah dibanding ponsel kelas atas.

“This means that the most expensive key enabling technology in the AR glasses teardown will now be affordably priced, effectively bringing down the overall cost of consumer AR glasses,” Grobman said in an interview. "Quanta has suggested that full AR headsets would be priced for less than the cost of a high-end cell phone. That’s a big deal.”


Baca Juga: Supplier Apple Ungkap Headset AR Siap Debut di 2019


Headset AR dari Lumus direncanakan hadir di pasaran dalam waktu 12–18 bulan ke depan. Namun Lumus menolak berkomentar apakah mereka dan Quanta Computer juga menjalin kerja sama dengan Apple untuk menggarap kacamata pintar.

Apple sendiri kabarnya sedang menggarap headset AR yang didalamnya disematkan kemampuan pintar, seperti mendukung Siri, menampilkan peta dan pesan kepada pemakainya. Quanta Computer sebelumnya mengkonfirmasi sedang mengerjakan proyek AR dan meneliti teknologi yang dibutuhkan perangkat AR. Headset AR diprediksi belum akan siap hingga 2019/2020.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-12-04/apple-manufacturer-quanta-reaches-deal-to-build-ar-displays”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest