Follow Us

5 Tips Memilih Layanan Chat untuk Grup Pesan

Bagus Hernawan - Kamis, 14 Desember 2017 | 14:42
5 Tips Memilih Layanan Chat untuk Grup Pesan

Chatting adalah kegiatan yang pastinya sering kamu lakukan di iPhone atau iPad bersama teman, rekan kerja atau mungkin keluarga. Selain berkirim pesan secara personal, terkadang kamu perlu membuat sebuah grup pesan untuk mengumpulkan beberapa teman dan chat bersama-sama. Contoh kegiatannya bisa merencanakan liburan bersama atau mungkin sekedar tempat chat dengan para sahabat saja.

Saat ini ada banyak sekali layanan chat atau sosial media yang mendukung mode grup pesan. Sebut saja WhatsApp, Telegram, BBM, iMessage, LINE atau beberapa layanan sosial media seperti Facebook Messenger, Instagram, Twitter atau bahkan Path. Tim MakeMac akan membagikan beberapa tips untuk memilih layanan grup pesan yang dapat kamu gunakan bersama teman atau keluarga. Yuk simak langsung!

1. Dukungan Aplikasi dan Perangkat yang Digunakan

Tips pertama adalah melihat daftar dukungan aplikasi dan perangkat yang akan digunakan oleh kamu dan teman satu grup. Apakah mereka semua menggunakan iPhone, jadi kamu bisa memilih iMessage? Apakah ada sebagian yang tidak menggunakan Telegram Messenger, Facebook Messenger, LINE dan lebih akrab dengan WhatsApp atau beberapa kemungkinan lainnya.

Dengan melihat daftar perangkat mobile device yang digunakan, kamu bisa memutuskan untuk memilih aplikasi chat yang tepat. Sehingga setiap orang di dalam grup tidak menemukan kendala masalah dukungan perangkat.

2. Fitur Pelengkap Selain Teks

Pertimbangan kedua untuk memilih layanan grup pesan adalah fitur tambahan. Tentunya kamu akan cepat bosan jika hanya saling mengirim pesan, gambar atau video saja. Coba cek dulu apakah aplikasi yang akan kamu gunakan, mendukung beberapa fitur tambahan yang membuatnya tampil lebih menarik. Seperti mode pencarian dan kirim GIF di WhatsApp Telegram dan pesan langsung Twitter, panggilan suara dan video dalam bentuk grup di Facebook Messenger dan Skype atau mungkin lainnya.

Pastikan juga bahwa setiap fitur tadi memungkinkan untuk kamu coba, jika ingin menjadikannya sebagai nilai tambahan. Jangan sampai kamu memilih Skype karena punya banyak fitur yang berhubungan dengan VOIP dan Video Call, namun malah jarang menggunakan kedua fitur tersebut.

3. Terkadang Kamu Juga Butuh Mode Mute dengan Cepat

Terkadang ketika sebuah grup pesan sedang sangat ramai membahas sebuah topik, notifikasi yang tampil bisa sangat ramai. Bisa saja hal ini mengganggu kesibukan kamu yang sedang ada dalam rapat atau kegiatan penting lainnya. Coba pelajari setiap aplikasi yang mungkin akan kamu gunakan sebagai grup pesan, bagaimana cara tercepat untuk melakukan mode senyap atau Mute?

Misalkan untuk WhatApp, cukup masuk ke bagian Info grup pesan lalu tekan Mute untuk menampilkan opsi senyapkan grup pesan selama 8 jam, 1 minggu atau 1 tahun. Berbeda lagi dengan Telegram, fitur Mute bisa ditemukan dengan lebih mudah dengan masuk ke grup, tekan bagian nama grup lalu tekan gambar lonceng.

4. Butuh Admin Dalam Jumlah Banyak?

Editor : Bagus Hernawan

Latest