Follow Us

Badan Konsumen Italia Selidiki Apple karena Turunkan Performa iPhone

Andri Alfansyah - Jumat, 19 Januari 2018 | 11:28
Badan Konsumen Italia Selidiki Apple karena Turunkan Performa iPhone

Badan pengawas persaingan usaha pemerintah Italia dikabarkan mengadakan penyelidikan terhadap Apple dengan tuduhan merencanakan keusangan produknya melalui update software. Di samping Apple, badan tersebut juga menyelidiki Samsung untuk kasus yang sama.

Dalam keterangan resminya seperti diterima Reuters, lembaga Italia tersebut mengatakan bahwa Apple dan Samsung tidak menginformasikan kepada para pengguna bahwa update software tersebut dapat menurunkan performa ponselnya.

Sehingga update software tersebut memunculkan kecurigaan bahwa kedua perusahaan asal AS dan Korsel tersebut melakukan pemaksaan secara halus supaya penggunanya mengupgrade atau membeli perangkat baru.

Apple and Samsung are suspected of orchestrating “a general commercial policy taking advantage of the lack of certain components to curb the performance times of their products and induce consumers to buy new versions”, the watchdog said.

Lebih lanjut badan tersebut menduga Apple dan Samsung sudah melanggar sejumlah pasal dalam undang-undang mengenai hak konsumen Italia. Mereka menyebutkan keduanya melanggar empat pasal.


Baca juga:


Sebelum ini, banyak pihak dari dalam negeri AS sendiri, serta dari Prancis, Israel, Korea Selatan juga mengajukan tuntutan hukum terkait tindakan Apple yang sudah dengan sengaja menurunkan performa iPhone lewat update iOS. Jumlah tuntutannya sendiri kabarnya sudah mencapai hampir 50.

Apple belum berkomentar soal ini. Namun mereka kemarin menjanjikan bakal segera merilis update iOS berisi fitur yang memungkinkan pengguna mematikan manajemen baterai. Sehingga perangkat bisa digunakan dengan kecepatan maksimal.

Rencananya update iOS versi beta tersebut bakal dirilis buat para pengembang terdaftar bulan depan. Sedangkan buat pengguna umum belum diketahui pasti. Apple memperingatkan bahwa fitur ini ada risikonya.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://www.reuters.com/article/us-global-bitcoin-france-germany/france-germany-to-make-joint-bitcoin-regulation-proposal-at-g20-summit-idUSKBN1F728X?il=0”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest