Follow Us

Cara Menghapus MacKeeper di Komputer Mac

Bagus Hernawan - Selasa, 06 Februari 2018 | 16:50
Cara Menghapus MacKeeper di Komputer Mac

MacKeeper, saya yakin kamu pernah mendengar nama aplikasi tersebut. Awalnya MacKeeper adalah aplikasi utilitas dengan beragam fitur untuk membantu kamu melakukan cleaning alias membersihkan data tidak berguna di komputer Mac. Namun setelah beberapa tahun meraih kesuksesan, MacKeeper justru menjadi pusat kebencian para pengguna komputer Mac.

Dikutip dari beberapa sumber, MacKeeper pertama kali rilis tahun 2010 oleh tim pengembang Zeobit. Aplikasi ini kemudian dijual kepada tim pengembang Kromtech Alliance Corp pada tahun 2013. Kromtech memilih cara marketing yang bisa saya sebut “brutal”, masif dan justru membuat banyak pengguna merasa gerah dengan MacKeeper.

Ya, gerah karena aplikasi ini menggunakan online marketing yang menempelkan iklan pada beragam website, fitur auto instal dan download yang seakan menipu pengguna dengan peringatan berbahaya serta beragam hal lainnya. Karena cara tersebut, beragam media mulai tidak merekomendasikan kamu untuk menggunakan MacKeeper sejak tahun 2015 hingga sekarang. Bahkan MacKeeper pernah beberapa kali mendapatkan tuntutan hukum untuk perbuatannya.

Bagaimana cara menghapus MacKeeper dengan aman? Apakah cukup dengan melemparnya ke Trash atau ada hal lain yang harus kamu lakukan? Simak info lengkap cara menghapus MacKeeper di artikel ini ya!

Cara Menghapus MacKeeper

1. Hapus dari MenuBar

Cara paling mudah untuk menghapus MacKeeper adalah melemparnya ke Trash. Namun masalah tidak selesai di sini, karena ikon MacKeeper bisa saja masih tersedia di Menu Bar. Jadi sebelum menghapusnya, pastikan untuk melepas pengaturan MacKeeper di Menu Bar, berikut ini langkahnya:

  1. Buka aplikasi MacKeeper
  2. Di Menu Bar, tekan MacKeeper > Preferences.
  3. Masuk ke tab General.
  4. Lepas tanda centang pada bagian pengaturan Show MacKeeper icon in menu bar.
  5. Keluar dari MacKeeper dan hapus aplikasi ini dengan cara drag and drop ke Trash.
  6. Masukkan password akun untuk hak akses menghapus MacKeeper.

2. Gunakan Bantuan dari MalwareBytes

Jika kamu menggunakan cara di atas, ternyata masih ada file pelengkap dari MacKeeper yang tidak ikut terhapus, bersarang di Library. Cara paling sederhana untuk menghapus semua dokumen yang berhubungan dengan MacKeeper yaitu menggunakan MalwareBytes. Silakan unduh MalwareBytes secara gratis dan lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka MalwareBytes dan tekan tombol Scan.
  2. Pada tampilan utama, pilih software yang ingin kamu hapus yaitu MacKeeper. Tekan tombol Confirm sebagai persetujuan akhir untuk menghapus MacKeeper.
  3. Setelah selesai, lakukan Restart.

Baca Juga:


3. Hapus File Pelengkap Secara Manual

Jika kamu merasa ragu untuk instal MalwareBytes dan lebih senang cara manual untuk menghapus dokumen MacKeeper, silakan ikuti panduan berikut ini:

  1. Buka Finder, akses Go to Folder di dalam Menu Bar Go.
  2. Pada jendela tampilannya, ketik ~/Library untuk masuk ke folder Library.
  3. Cari folder MacKeeper Backups lalu hapus.
  4. Masuk ke folder Application Support, cari folder MacKeeper lalu hapus.
  5. Masuk ke folder Caches, cari com.mackeeper.MacKeeper, com.mackeeper.MacKeeper.Helper atau dokumen lain yang berhubungan dengan MacKeeper lalu hapus.
  6. Masuk ke Folder LaunchAgents, cari com.mackeeper.MacKeeper.Helper.plist atau dokumen lain yang berhubungan dengan MacKeeper lalu hapus.
  7. Masuk ke Folder LaunchDaemons, cari com.mackeeper.MacKeeper.plugin.AntiTheft.daemon.plist atau dokumen lain yang berhubungan dengan MacKeeper lalu hapus.
  8. Masuk ke Folder Preferences, cari com.mackeeper.MacKeeper.AdwareAnalyzer.plist atau dokumen lain yang berhubungan dengan MacKeeper lalu hapus.
  9. Kembali ke Menu Bar Finder, tekan tombol Empty Trash untuk menghapus semua dokumen tersebut.

4. Hapus Extension MacKeeper di Safari

Editor : Bagus Hernawan

Latest