Follow Us

Seluruh Toko Apple di China Kini Terima Sistem Pembayaran Alipay

Andri Alfansyah - Kamis, 08 Februari 2018 | 11:40
Seluruh Toko Apple di China Kini Terima Sistem Pembayaran Alipay

Apple memiliki sistem pembayarannya sendiri yang dinamakan Apple Pay. Namun di China, sistem pembayarannya tersebut kurang begitu populer dibandingkan dengan sistem pembayaran yang dimiliki toko online raksasa Alibaba, Alipay yang banyak digunakan warga China.

Dalam strateginya untuk menarik banyak konsumen China berbelanja di toko fisiknya, Apple dikabarkan sudah bekerja sama dengan Alibaba untuk menerima sistem pembayaran melalui aplikasi Alipay di seluruh tokonya di daratan China.

Sistem pembayaran Alipay sendiri dikelola oleh Ant Financial, perusahaan keuangan yang berafiliasi dengan Alibaba. Perusahaan tersebut tercatat memiliki valuasi lebih dari $50 miliar pada 2016 lalu.

The Cupertino-based firm will accept Alipay payment across its 41 brick-and-mortar retail stores in China, said Ant Financial, which was valued at $60 billion in 2016.

Sebagaimana dilansir Reuters, kerja sama Apple dengan Alibaba untuk menerima sistem pembayaran Alipay adalah untuk membantu mengembalikan pertumbuhannya di China. Mengingat negara tersebut adalah salah satu paling penting kedua setelah AS.


Baca juga:


iTunes dan App Store sendiri sudah lama menerima sistem pembayaran Alipay. Apple memberlakukan hal tersebut lebih dari setahun yang lalu. Kini, kerja sama mereka berlanjut ke tingkat berikutnya.

Apple Pay sendiri sudah tersedia di China sejak beberapa lama ini. Namun kehadiran kalah populer dibandingkan dengan Alipay dan WeChat Pay yang memang banyak digunakan mayoritas warganya.

Alipay tercatat menguasai pangsa pasar dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 60 persen pada 2016 lalu. Sedangkan WeChat Pay berada di peringkat kedua dan Apple berada jauh di belakang. Tak heran, jika Apple akhirnya menerima sistem pembayaran yang lebih populer daripada miliknya sendiri.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://www.reuters.com/article/us-china-apple/apple-brings-alibaba-linked-payment-system-into-china-stores-amid-market-push-idUSKBN1FR0FH?feedType=RSS&feedName=technologyNews”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest