Follow Us

Barclays: iPhone dengan Notch Lebih Kecil Bakal Datang Tahun Ini

Andri Alfansyah - Kamis, 15 Februari 2018 | 13:30
Barclays: iPhone dengan Notch Lebih Kecil Bakal Datang Tahun Ini

Apple sebelumnya dirumorkan bakal meluncurkan iPhone generasi berikutnya dengan Notch lebih kecil di 2019 mendatang. Namun menurut sejumlah analis dari Barclays, iPhone dengan Notch baru tersebut bakal datang lebih cepat tahun ini.

Dalam catatan terbarunya seperti dilihat MacRumors, para analis Barclay yang terdiri dari Andrew Gardiner, Hiral Patel, Joseph Wolf, dan Blayne Curtis mengatakan Apple bakal meluncurkan iPhone 2018 dengan sensor kamera TrueDepth generasi kedua, sehingga ukuran Notch menjadi lebih kecil.

Selain lebih kecil, Notch yang baru juga disebutkan bakal mendapatkan peningkatan spesifikasi. Hal itu diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan Apple dan para suppliernya di paruh kedua tahun ini.

We do expect the sensor to evolve slightly, potentially reducing in size (i.e., smaller notch) and improving in specificity […] helping to further drive very strong growth [for some Apple suppliers] in 2H18 as the second generation of sensor ships in this year’s new iPhones.

Namun di sisi hardware Notch, Apple disebutkan tidak bakal melakukan banyak perubahan apa pun, hanya memangkas ukurannya saja. Itu karena mereka tidak ingin melihat adanya kendala pasokan seperti yang sebelumnya pernah terjadi saat peluncuran iPhone X.

Para analis tersebut juga menyakini Apple bakal menyematkan sensor kamera TrueDepth buat mendukung fitur Face ID di semua model iPhone 2018. Di samping itu, lini perangkat iPad generasi baru juga bakal mendapatkan fitur ini.

Jika prediksi dari Barclays ini benar adanya, maka hal itu menjadi kabar gembira bagi konsumen. Untuk diketahui, Notch di iPhone X dianggap mengganggu pandangan terutama saat menonton video lantaran ukuran yang cukup lebar.

Apalagi, banyak aplikasi belum mendukung layar iPhone X. Para pengembang membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan aplikasinya dengan Notch yang selain mengakomodasi sensor kamera TrueDepth, tapi juga kamera FaceTime, sensor infamerah, sensor proximity, dan earpiece.


Baca juga:


Analis dari Barclays juga mengungkapkan bakal ada iPhone masa depan dengan kamera belakang yang terintegrasi dengan sensor kamera TrueDepth. Apple dan para supplier dikatakan sedang mengerjakannya dan berencana merilisnya di 2019.

Our discussions with suppliers suggests Apple and its partners are working hard on a world-facing solution, but development is ongoing and with over 18 months to go until the 2019 iPhone cycle, not all is yet determined.

Dengan menyematkan sensor TrueDepth di kamera belakang iPhone, ini memungkinkan iPhone mendukung teknologi Augmented Reality (AR) dengan lebih baik lagi. Apalagi Apple kabarnya sangat tertarik untuk mengembangkan teknologi ini ke tingkat berikutnya tidak hanya untuk mendukung dunia game, tapi juga pendidikan.

Bukan kali ini saja, Apple diprediksikan bakal mengembangkan sensor kamera TrueDepth untuk diintegrasikan dengan kamera belakang iPhone. Ming Chi-Kuo mengatakan sensor kamera TrueDepth untuk kamera belakang iPhone belum siap hingga 2019, mengingat pengembangannya yang begitu kompleks.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2018/02/14/smaller-notch-on-2018-iphones-barclays/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest