Follow Us

Review Halide Camera, Tampilan Profesional untuk Hasil Foto Terbaik

Bagus Hernawan - Selasa, 13 Maret 2018 | 16:16
Review Halide Camera, Tampilan Profesional untuk Hasil Foto Terbaik

Ekplorasi saya untuk aplikasi jepret kamera di perangkat iPhone kembali berlanjut. Kali ini tim MakeMac mencoba Halide Camera, aplikasi jepret kamera yang dibuat oleh mantan desainer di Apple yaitu Sebastiaan de With dan insinyur di Twitter, Ben Sandofsky. Apa saja hal menarik di Halide Camera dan kelebihannya dibandingkan aplikasi kamera bawaan? Yuk simak langsung reviewnya!

Mengenal Halide Camera

Halide punya banyak inovasi desain dan tampilan yang sangat rapi untuk sebuah aplikasi kamera. Mode yang diberikan juga bisa full auto hingga full manual alias menggunakan pengaturan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Tim pengembang Halide mengklaim bahwa semua desain tampilannya dibuat detail dan menunjang pengguna iPhone baru sepeti iPhone 8 dan iPhone X. Fitur yang diberikan juga sangat lengkap dan mendukung beragam mode yang ada di iOS 11. Seperti Portrait Mode di iPhone yang memiliki kamera ganda dan gambar RAW serta banyak pengaturan manual.

Pengaturan Manual dan Tampilan Terbaik

Jika sekedar pengaturan manual seperti ISO, Shutter Speed, White Balance dan lainnya sih banyak aplikasi kamera yang mendukung. Namun di Halide Camera, bagian terbaik dari pengaturan manual adalah gesture yang diberikan.

Kamu bisa melakukan mode swipe ke kanan – kiri atau atas – bawah untuk pengaturan manual yang tersedia. Detail tampilan pengaturan manual ini dibuat semaksimal mungkin untuk tidak mengganggu pengguna saat melihat preview gambar. Seperti mode manual Shutter, garis dengan warna kuning untuk mengatur kecepatan jepretan ada di sisi kanan layar secara vertikal. Sedangkan pengaturan manual lainnya seperti ISO dan Focus Peaking ada di slider horisontal pada bagian bawah.


Baca Juga:


Quick Bar dan Format RAW

Sama seperti aplikasi Camera bawaan iOS, Halide Camera juga punya beberapa pengaturan yang dapat diakses dari bagian atas. Tentu saja lebih lengkap dan bagian ini bernama Quik Bar. Menariknya adalah bagian ini mendukung pengaturan posisi ikon yang kamu suka. Misalkan letakkan ikon Location Service di bagian ujung kiri karena jarang kamu akses dan letakkan Histogram dan ISO di sisi yang mudah diraih yaitu kanan bawah. Oh iya Quik Bar dibuat dalam 2 baris ke bawah, bisa kamu tampilkan dengan menekan ikon panah di tengah atas layar. Sedangkan untuk perangkat iPhone X, Quik Bar ada di deretan bagian bawah.

Sering membutuhkan format gambar RAW alias tidak terkompresi? Tenang, Halide Camera juga punya fitur ini dan mudah diakses dari Quik Bar. Sebagai tambahan catatan, mode RAW juga punya sebuah pengaturan tambahan yaitu simpan dokumen RAW-Processed Image agar hasilnya tetap maksimal di Camera Roll, mode HEIC atau JPG serta TIFF MAX mode. Semua pengaturan tersebut bisa kamu temukan di ikon Setting pada bagian kanan atas Quik Bar.

Pengalaman Mencoba Halide Camera

Meskipun dibuat sebagai aplikasi jepret kamera profesional, Halide Camera tetap menggunakan tampilan sederhana dan dilengkapi gesture dengan tampilan ringkas. Bagian paling menarik dari Halide Camera adalah mendukung Haptic Feedback atau getaran di layar saat kamu melakukan tap to foucs. Fitur ini membuat saya menjadi semakin percaya diri untuk mengambil gambar di tempat yang silau dan ragu jika hasilnya salah fokus.

Editor : Bagus Hernawan

Latest