Follow Us

4 Alasan untuk Tidak Menggunakan Apple Watch

Bagus Hernawan - Senin, 16 April 2018 | 13:06
4 Alasan untuk Tidak Menggunakan Apple Watch

Apple masih terus mengembangkan Apple Watch sebagai satu-satunya wearable device buatan mereka. Beragam fitur dan perbaikan terus ditambahkan pada generasi terbaru, sebut saja Apple Watch Series 3 yang hadir dengan koneksi Cellular. Namun sejumlah Apple Fanboy yang saya temui masih merasa enggan untuk menggunakan Apple Watch. Berikut ini beberapa alasan yang saya dapat untuk tidak menggunakan Apple Watch meskipun kamu seorang Apple Fanboy.

Alasan untuk Tidak Menggunakan Apple Watch

4. Belum Menggunakan iPhone

Salah satu alasan yang paling dasar adalah belum menjadi pengguna iPhone. Ya, perangkat Apple Watch tidak bisa berdiri sendiri alias masih memerlukan perangkat iPhone dalam koneksi utamanya. Seperti melakukan update watchOS, instal aplikasi dan beragam hal lainnya.

Memang sih di Apple Watch Series 3, Apple semakin mendorong perangkat ini untuk tetap dapat digunakan tanpa membawa iPhone setiap saat. Namun itu bukan berarti kamu bisa menggunakan Apple Watch tanpa menjadi pengguna perangkat iPhone sama sekali.

3. Harga

Mari kita lihat harga Apple Watch mulai dari yang paling murah. Yaitu Apple Watch Series 3 edisi Sport Band dengan ukuran 38mm, dijual dengan harga $329 atau sekitar 4 jutaan Rupiah. Setiap tahunnya Apple akan merilis Apple Watch versi baru dan pastinya seri yang kamu gunakan akan mengalami penurunan performa atau tidak mendapatkan fitur baru sesuai dengan berjalannya waktu.

Menurut prediksi saya, usia paling panjang untuk sebuah versi Apple Watch mendukung watchOS terbaru adalah 4 tahun sejak rilis. Hal ini dilihat dari Apple Watch generasi pertama (2015) yang masih mendapatkan dukungan watchOS 4 hingga saat ini. Apakah kamu rela mengeluarkan 4 juta Rupiah setiap beberapa tahun sekali untuk membeli Apple Watch baru? Jika tidak, hal ini bisa menjadi alasan untuk tidak menggunakan Apple Watch.


Baca Juga:


2. Baterai

Berbeda dengan jam tangan automatic movement atau kinetic yang tidak memerlukan baterai, Apple Watch adalah sebuah smart watch yang pastinya memerlukan baterai untuk beragam fitur. Mulai dari menghidupkan layar, mengeluarkan suara atau sensor gerakan yang ada di dalamnya.

Apple mengklaim Apple Watch Series 3 memiliki baterai yang jauh lebih awet dari generasi sebelumnya, membuat kamu dapat menggunakan seharian penuh tanpa khawatir kehabisan baterai. Namun tetap saja pada malam harinya kamu harus melepaskan jam dari tangan dan mengisi baterai. Jika ditambah dengan memiliki iPhone, iPad, AirPods dan Apple Pencil, coba hitung berapa device Apple yang harus kamu isi baterainya setiap malam? Yakin masih punya cukup ruang di meja kerja untuk tempat meletakkan Apple Watch saat mengisi baterai?

1. Fitur yang Belum Tersedia di Indonesia

Editor : Bagus Hernawan

Latest