Follow Us

10 Game Strategi Turn-Based Terbaik Versi MakeMac (Part 1)

Alexius Aditya - Selasa, 24 April 2018 | 18:17
10 Game Strategi Turn-Based Terbaik Versi MakeMac (Part 1)

Game strategi adalah sebuah tipe game yang tidak bisa dimainkan dengan terburu-buru. Dibutuhkan konsentrasi pemikiran dan perencanaan yang matang dalam melakukan suatu langkah. Salah sedikit saja bisa berakibat fatal untuk gerakan selanjutnya. Inilah mengapa game strategi biasanya lebih banyak dimainkan saat orang sedang liburan atau benar-benar tidak melakukan hal lainnya.

Meskipun bukanlah yang terbaik dalam hal memainkannya, saya adalah penyuka game strategi turn-based. Alasannya sederhana, saya menyukai tantangan baru yang biasanya ditawarkan oleh banyak game strategi turn-based. Tantangan tersebut bisa berupa macam-macam, antara lain adanya fitur permanent-death yang memungkinkan karakter milik pemain yang telah mati tidak akan bisa dihidupkan kembali. Atau mungkin adanya skill baru yang didapat oleh suatu karakter dengan tipe tertentu, yang tidak bisa didapatkan oleh karakter dengan tipe lain. Sampai dengan adanya timer di dalam permainan yang membuat kita sebagai pemain harus mengambil keputusan secepat mungkin.

Banyak sekali game strategi turn-based yang telah hadir di App Store. Namun dari sekian banyak tadi, ada beberapa yang cukup menonjol, yang saya pikir bisa menjadi pilihan kamu untuk mencoba game strategi turn-based. Berikut adalah 10 game strategi turn-based terbaik versi MakeMac.

1. Darkest Dungeon

Bukan Darkest Dungeon namanya jika kamu tidak memainkannya sambil bergidik. Dari mulai grafisnya yang digambarkan dengan kelam, musik latarnya yang sukses membuat nyali kita menciut, sampai dengan monolog sang narator yang bersuara tegas, membuat game yang memang sudah sulit ini menjadi semakin berat untuk dikalahkan.

Saya memilih game yang satu ini karena di dalamnya terhadap elemen yang menarik, yaitu adanya level stres dan level penerangan yang akan mempunyai akibat untuk para karakter selama mereka menjalankan aksinya. Level stres akan didapatkan selama karakter hero kita sedang melawan musuh, semakin lama perlawanan yang kita lakukan, semakin banyak stres yang didapat sang karakter. Level penerangan sendiri berarti semakin gelap penerangan yang karakter bawa, maka semakin banyak barang berharga yang kita dapatkan. Sebagai gantinya, musuh juga semakin kuat.

Kedua elemen tersebut menarik karena pada Darkest Dungeon, karakter hero pemain sama kuatnya dengan karakter musuh. Jadi ada kemungkinan karaktermu mati bahkan sebelum memulai banyak aksi. Ditambah lagi dengan adanya fitur permadeath, yang berarti pemain dituntut untuk terus memberikan keputusan yang benar dan tepat. Darkest Dungeon tidak memberikan kesempatan kepada pemain untuk melakukan kesalahan sedikit pun.

Download Darkest Dungeon:Tablet Edition · Harga: 75000

2. Final Fantasy Tactics: War of The Lion

Siapa yang tidak kenal dengan seri game Final Fantasy? Saya rasa hampir semua dari kita sebagai pemain game telah mendengar atau bahkan memainkan game yang satu ini. Final Fantasy Tactics: War of The Lion adalah sebuah game reinkarnasi dari game lamanya yang berusia lebih dari 20 tahun. Sampai pada akhirnya sang pengembang membuat port untuk iOS yang dirilis pada tahun 2012 lalu.

Saya memilih Final Fantasy Tactics: War of The Lion terutama karena adanya banyak sekali kelas yang dapat pemain pilih untuk karakternya. Ditambah dengan jalan cerita utamanya yang khas ala Final Fantasy, yang pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi kebaikannya.

Download FINAL FANTASY TACTICS :WotL · Harga: 199000

Editor : Alexius Aditya

Latest