Follow Us

Petinggi Huawei Jelaskan Alasan Notch iPhone X Dicontek Ponsel Android

Bagus Hernawan - Kamis, 26 April 2018 | 13:48
Petinggi Huawei Jelaskan Alasan Notch iPhone X Dicontek Ponsel Android

Setahun setelah Apple merilis iPhone X, sejumlah produsen ponsel Android mulai mencontek desain Notch alias lekuk atau poni di bagian layar. Beragam pendapat, analisis dan opini dari sejumlah penggemar gadget bermunculan setelah hal tersebut terjadi. Namun laman BGR (via Forbers) punya catatan menarik untuk hal tersebut.

Li Changzhu, salah satu petinggi Huawei menjelaskan bahwa mereka sudah punya konsep yang sama yaitu layar dengan Notch. Namun ide yang ditemukan sejak 3–4 tahun lalu tersebut, tidak digunakan alias hanya dipendam saja. Hingga akhirnya Apple merilis iPhone X dan bisa disebut menjadi yang paling berani.

Kini setelah Apple menggunakan desain Notch, sejumlah produsen Android mulai membuat hal yang sama. Baik dengan Notch yang hampir sama besar atau beberapa diantaranya dibuat lebih kecil. Namun tentu saja tidak semua tampilan Notch di ponsel Android juga dibekali sensor kamera dan deteksi wajah seperti perangkat iPhone X.

Huawei’s mobile chief Li Changzhu said that Huawei thought of the notch idea “three to four years ago,” but the company didn’t go with the design as it was concerned users wouldn’t like it.


Baca Juga:


Li juga menjelaskan bahwa para konsumen di daratan Tiongkok lebih menyukai tampilan ponsel yang serba rapi dan simetris. Dengan tampilan Notch, layar di perangkat iPhone X bisa dibilang tidak sempurna lagi karena tidak ada bentuk kotak yang kaku atau lingkaran yang menjadi favorit para pengguna di daratan Tiongkok.

Keberanian Apple untuk membuat desain baru juga sebetulnya sudah ada sebelum Notch. Yaitu keputusan untuk menghapus port Headphone Jack 3.5mm di perangkat iPhone 7. Hal ini juga langsung diikuti oleh sejumlah produsen ponsel lain hingga sekarang.

Bagaimana pendapat kamu mengenai produsen ponse Android yang meniru desain Notch dari perangkat iPhone X? Bagikan di kolom komentar ya!


Peniru Ulung Notch di iPhone X adalah Asus Zenfone 5

[source site_name = “BGR” site_url = “http://bgr.com/2018/04/24/iphone-x-vs-huawei-p20-pro-notch/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest