Follow Us

10 Pertanyaan Pengguna Pemula Seputar IGTV

Bagus Hernawan - Selasa, 26 Juni 2018 | 08:00
10 Pertanyaan Pengguna Pemula Seputar IGTV

Instagram resmi merilis IGTV sebagai layanan baru untuk mengajak kamu menikmati video dalam format vertikal. Dari pantauan tim MaekMac, ada beberapa pertanyaan yang diberikan oleh pengguna IGTV. Berikut ini beberapa diantaranya yang sudah tim MakeMac rangkum.

10 Pertanyaan Pengguna Pemula untuk IGTV

Apa Itu IGTV?

IGTV adalah aplikasi baru dari Instagram dengan konten utama video vertikal. Kamu bisa menjadi penonton atau kreator konten video di IGTVdengan durasi lebih dari satu menit. Secara tampilan, ada beberapa kategori video yang bisa kamu tonton sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Apakah Harus Membuat Akun Baru?

Kamu tidak perlu membuat akun baru untuk menggunakan IGTV, pastikan saja kamu sudah instal Instagram for iOS dan login. Saat pertama kali membuka IGTV, tampilan di atas akan hadir dan silakan pilih lanjutkan. Beberapa penjelasan awal akan tampil dan silakan simak cara penggunaan dasar IGTV.

Mengenal Antarmuka IGTV

Antarmuka IGTV adalah video dalam layar penuh dan beberapa mode gesture sederhana. Kamu akan mendapatkan kategori video yang dapat ditonton mulai dari For You, Following, Popular, Continue Watching dan beberapa lainnya.

Di bagian atas adalah informasi mengenai pemilik video tersebut mulai dari akun, judul video, deskripsinya serta di bagian kanan ada tombol X untuk menutup mode putar video. Sedangkan di bagian bawah ada slider atau kendali video yang sedang diputar, Likes, Comments dan kirim Direct Messages.

Kembali di mode tampilan utama, kamu bisa melakukan swipe kiri ke kanan di bagian bawah untuk refresh daftar video yang bisa ditonton. Bagian ini menurut saya sangat unik karena jarang sekali ada aplikasi yang menggunakan mode swipe to refresh secara horisontal.

Cara Menonton Konten di IGTV

Cara menonton konten di IGTV adalah tekan video yang ada di daftar kategori bagian bawah. Selain tampil dalam mode layar penuh, kamu bisa tekan layar sekali untuk nonton dan membaca deskripsi video pada bagian atas. Jika sudah selesai atau merasa bosan, kamu bisa swipe ke kiri atau kanan untuk melihat daftar video lainnya. Ya, mirip dengan Instagram Stories.

Sedangkan jika ingin membaca daftar komentar yang ada di video tersebut, tekan ikon balon teks. Video akan mengecil dan tampil di bagian atas, agar kamu bisa membaca komentar sembari video tetap berjalan.

Cara Mencari Video di IGTV

Bagaimana cara mencari video di IGTV? Mudah saja, silakan kembali ke tampilan utama IGTV untuk menemukan teks Search IGTV. Setelah itu silakan gunakan kata kunci pencarian untuk menemukan Channel atau Saluran di IGTV.

Apa Itu Channel atau Saluran di IGTV?

Editor : Bagus Hernawan

Latest