Follow Us

IFIXIT Ungkap Rahasia Keyboard MacBook Pro 2018 yang Lebih Senyap

Bagus Hernawan - Jumat, 20 Juli 2018 | 14:10
IFIXIT Ungkap Rahasia Keyboard MacBook Pro 2018 yang Lebih Senyap

Salah satu fitur baru dari MacBook Pro 2018 adalah keyboard yang lebih senyap. Bagaiman acara Apple membuat Butterfly Keyboard yang lebih senyap dan tidak mengubah bentuknya? Jawaban ini ditemukan oleh IFIXIT, website penyedia beragam tutorial untuk membongkar gadget Apple dan lainnya.

Menurut temuan IFIXIT, Apple menambahkan silikon tipis untuk melapisi mekanisme Butterfly Keyboard di MacBook Pro 2018. Bagian ini diyakini dapat meredam suara mengetik yang sebelumnya dianggap terlalu berisik oleh banyak pengguna.

The 2018 MacBook Pro features a thin rubberized layer under its keycaps, covering the second-generation butterfly mechanism.

MacBook Pro 2018 Initial Findings: Keyboard Design Cover-Up? – YouTube

Baca Juga:

Butterfly Keyboard generasi ketiga memang diklaim Apple lebih sunyi daripada 2 generasi sebelumnya. Setelah dicek secara lebih detail, teknologi ini hanya berupa penyempurnaan dari generasi kedua dengan ditambahkan karet silikon tipis.

Apple kabarnya tidak membuat desain ini untuk fokus pada masalah debu yang mudah masuk dan sebelumnya banyak menyebabkan kasus tuts macet atau tidak berfungsi dengan lancar. Namun secara tidak langsung, lapisan karet silikon ini memang bisa mengurangi kemungkinan debu masuk ke celah keyboard yang membuat perangkat input ini menjadi macet.

Teknologi ini sebetulnya sudah dipersiapkan sejak beberapa waktu lalu. Terbukti dengan pendaftaran paten Butterfly Keyboard dengan keterangan “mencegah atau mengurangi kemungkinan masuknya benda asing.

Sebagai tambahan catatan, Apple sebelumnya sudah merilis program “Keyboard Service Program for MacBook and MacBook Pro”. Yaitu bagi pengguna MacBook dan MacBook Pro dengan Butterfly Keyboard yang mengalami kendala seperti tuts macet, tidak berfungsi dengan lancar atau lainnya, bisa dibawa ke Apple untuk mendapatkan penggantian keyboard dan perbaikan secara gratis.

Apple Rilis Program Perbaikan Keyboard untuk MacBook dan MacBook Pro


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest