Follow Us

Pengujian Butterfly Keyboard di MacBook Pro 2018, Apakah Tahan Debu?

Bagus Hernawan - Senin, 23 Juli 2018 | 13:59
Pengujian Butterfly Keyboard di MacBook Pro 2018, Apakah Tahan Debu?

Butterfly Keyboard di MacBook Pro 2018 diklaim Apple lebih sunyi dari generasi sebelumnya. Padahal teknologi yang paling penting dan tidak dijelaskan Apple adalah membran silikon yang ada di atas mekanisme tersebut sebagai cara mencegah debu masuk dan membuat tuts keyboard macet.

IFIXIT kembali melakukan pengujian untuk membuktikan seberapa kuat MBP 2018 dengan Butterfly Keyboard generasi baru dalam menahan debu yang masuk?

Pengujian yang dilakukan bisa dibilang cukup sederhana. Mereka menggunakan bubuk halus yang berpendar dalam gelap agar mudah dilacak. Bubuk tersebut tidak bisa masuk ke tengah, melainkan hanya bersarang di pinggiran setiap tuts keyboard jika dibuka. Ya, semuanya terhalang oleh membran silikon dan membuat mekanisme Butterfly Keyboard tetap aman.

Lo and behold, the dust is safely sequestered at the edges of the membrane, leaving the mechanism fairly sheltered.

Baca Juga:

Namun ketika diuji menggunakan material pasir, keyboard di MacBook Pro 2018 tetap bisa mengalami kendala macet karena partikel pasir yang lebih besar. Jika masih dalam bentuk debu yang sangat halus, membran silikon akan menyaring dengan cukup aman sehingga Butterfly Keyboard bisa digunakan tanpa masalah macet atau tertekan terus-menerus.

IFIXIT juga menemukan hal lain yang tidak kalah menarik dari Butterfly Keyboard di MBP 2018. Yaitu sistem membran silikon yang digunakan Apple, ternyata berupa sebuah lembaran utuh yang hanya bisa dibuka lewat bagian belakang. Tepatnya setelah melepas semua bagian utama mesin komputer mulai dari tutup bawah, baterai, mesin hingga beberapa bagian rumit lainnya. Itulah kenapa dalam catatan sebelumnya jika membran silikon mengalami kerusakan, Apple mewajibkan pengguna untuk mengganti semuanya secara utuh atau menggunaan istilah topcase.

Fakta lain yag didapatkan adalah ketebalan setiap tuts keyboard yang sedikit lebih tipis dibandingkan generasi sebelumnya. Yaitu dari 1.5mm, menjadi 1.25mm saja. Mungkin hal ini harus dilakukan Apple karena ada tambahan membran silikon yang sudah kita bahas di atas. Masih seputar tombol, mekanisme untuk melepaskan setiap tuts keyboard di MBP 2018 juga kabarnya sudah dibuat lebih mudah, terutama untuk tombol Space yang sebelumnya dikenal sangat sulit untuk dibuka.

Sebagai tambahan catatan, Apple kini punya Keyboard Service Program untuk MacBook 12 dan MacBook Pro 2016 dan 2017 yang mengalami masalah di keyboard. Seperti tuts macet atau terus-menerus tertekan di bagian tertentu. Pengguna yang mengalami kendala tersebut bisa membaca info lengkapnya di Apple Support untuk mendapatkan perbaikan secara gratis.

Apple Rilis MacBook Pro Touch Bar 2018: Mendukung CPU 6-Core, RAM 32GB dan SSD 4TB, True Tone Display


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest