Follow Us

Review Sneak Ops, Beraksi Dalam Diam

Alexius Aditya - Senin, 20 Agustus 2018 | 14:00
Review Sneak Ops, Beraksi Dalam Diam

Ada banyak sekali tipe permainan, mulai dari puzzle, simulator, first-person shooter, sampai dengan petualangan aksi. Namun jika diminta untuk memilih satu diantaranya, maka saya akan memilih yang terakhir, yaitu petualangan aksi.

Lucunya, ketika memainkan sebuah game petualangan aksi, saya justru mengambil jalan yang kontras dengan tipe permainannya, yaitu stealth. Aneh memang, kebanyakan orang memilih game aksi karena memang ingin beraksi, namun kebalikannya dengan saya. Saya justru memilih game aksi untuk mencari tahu apakah game tersebut bisa saya selesaikan dengan cara diam-diam, dengan sedikit aksi.

Beraksi Diam-Diam

Sneak Ops sesuai dengan namanya, adalah sebuah game tentang stealth. Kamu akan bermain sebagai sebuah agen yang ditugaskan untuk mengumpulkan floppy disk tanpa ketahuan oleh siapapun. Kamu nantinya akan berjalan melewati banyak level dengan berbagai macam strategi, sampai menemukan jalan keluar terakhir.

Misi yang sederhana memang hanyalah sebuah teori saja. Faktanya, akan ada berbagai macam agen musuh, kamera pengintai, dan bahkan sinar laser yang akan menghalangi jalanmu untuk mengambil floppy disk tersebut.

Lari Sebelum Terlambat

Ada beberapa hal unik yang saya bisa temukan di game ini. Pertama adalah waktu yang dibutuhkan musuh untuk menemukan posisimu. Pada Sneak Ops, kamu mempunyai waktu lari sebelum musuh benar-benar berlari ke arahmu dan menembakimu setelah tau posisimu sebenarnya. Waktu tersebut tidak banyak memang, tetapi disaat yang tepat, kamu bisa menggunakannya untuk lari dari kejaran mereka.

Kedua, setiap penjaga ataupun kamera pengintai memiliki jarak pandang yang sudut pandang sendiri yang ditandai oleh sinar. Kamu bisa gunakan ini untuk keuntunganmu. Karena bisa membaca pergerakan mereka, terkadang jika beruntung, kamu bisa berdiri di samping mereka tanpa ketahuan.

Hantam Kepalanya!

Jika diam-diam bukan gayamu, maka cara kekerasanlah yang dipakai. Saya tidak menganjurkannya di dunia nyata, namun pada Sneak Ops, nyatanya cara itu lumayan efektif. Kamu bisa memukul agen musuh untuk membuatnya pingsan dan melewatinya dengan mudah. Beberapa catatan saja, tidak semua agen musuh bisa dibuat pingsan dengan mudah, jadi gunakan kemampuanmu untuk mengidentifikasi agen musuh sebelum melakukan aksi ya!

Tapi tetap saja, diam-diam adalah kunci disini. Melihat pergerakan musuh, memprediksi kapan kamu harus bergerak, dan menggunakan jalan tercepat nyatanya jauh lebih efektif dibandingkan dengan memukul jatuh semua agen yang kamu lalui. Maka bersabarlah dan jalanmu akan mudah. Jika tidak yakin dengan kemampuanmu, maka kamu bisa menggunakan floppy disk yang tadi kamu kumpulkan untuk membuka checkpoint.

Baca Juga:

Editor : Alexius Aditya

Latest